Hati-hati Gaes! Ini 7 Tanda Seseorang Berbohong Kepada Kamu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak ada manusia yang suka dibohongi, setiap orang pasti lebih menyukai seseorang yang jujur dan apa adanya. Namun, terkadang kita sering tertipu dengan seseorang yang nyatanya sedang berbohong atau memang seorang pembohong.

Menurut Lillian Glass seorang analisis dan pakar bahasa tubuh yang juga seorang penulis buku berjudul “The Body Language of Liars” menjelaskan, untuk memahami seseorang berbohong atau tidak, harus mengetahui dulu kebiasaan orang tersebut dan tidak juga mudah menyimpulkan dengan cepat.

Berikut tanda-tandanya orang berbohong yang perlu kalian ketahui:

1. Mengubah posisi kepala dengan cepat

Jika melihat seseorang yang tiba-tiba menggerakan kelapanya dengan ritme cepat saat diberikan sebuah pertanyaan, kemungkinan besar ia sedang berbohong kepada lawan bicaranya. Tanda ini sering terjadi tepat sebelum seseorang menanggapai sebuah pertanyaan.

“Kepala seakan ditarik ke belakang, ditundukkan ke bawah atau dimiringkan ke samping,” kata Glass.

2. Napas berubah-ubah

Menurut Glass, ketika ada seseorang yang sedang berbohong maka secara otomatis orang tersebut akan mengeluarkan napas yang berat. Ketika napas berubah-ubah, dengan refleks bahunya akan naik dan terjadi perubahan pada suara yang cenderung terdengar berat.

Glass mengatakan, “Intinya, orang tersebut hampir kehabisan napas karena detak jantung dan aliran darah berubah, ini terjadi ketika seseorang merasa gugup dan tegang saat sedang berbohong.”

3. Tidak melakukan gerakan

Merasa gugup pada kencan pertama itu sudah menjadi hal yang biasa sehingga minim gerakan yang dilakukan. Tapi, ketik melihat lawan bicara lebih banyak diam dan kaku juga perlu dicurigai.

“Saat Anda berbicara dan memulai percakapan normal merupakan wajar menggerakan tubuh dengan rileks dan lembut. Tapi kalau Anda melihat lawan bicara bersikap kaku dan tiba-tiba membisu tanpa gerakan, hal itu merupakan tanda peringatan bahwa ada yang tidak beres dengan lawan bicara Anda,” jelas Glass.

4. Mengulang kata

Pengulangan kata bisa terjadi untuk meyakinkan lawan bicara dan dirinya sendiri, seperti kata, “Bukan saya… bukan saya…,” yang dilakukan berulangkali.

Pengulangan kata juga salah satu cara mengulur waktu, agar mereka yang berbohong bisa mengumpulkan ide untuk beralasan.

5. Terlau banyak bicara yang tidak penting

Seorang yang berbohong akan berbicara lebih banyak karena ia percaya dengan memberi keterbukaan kepada lawan bicara, maka ia akan mudah dipercayai.

“Ketika seseorang terus-menerus memberikan informasi yang tidak penting dengan rincian yang berlebihan, ada kemungkinan yang besar bahwa ia sedang tidak mengatakan yang sebenarya,” tulis Glass pada bukunya.

6. Menutup bibir ke dalam mulut

Tanda seseorang brbohong selanjutnya dengan menutup bibirnya ke dalam mulut.

“Ketika seseorang menutup bibirnya ke dalam mulut itu mengartikan bahwa orang tersebut tidak mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya,” kata Glass.

7. Menatap tanpa berkedip

Ketika seseorang berbohong sudah biasa akan memutuskan kontak mata dengan lawan bicaranya, tetapi berbedea dengan seorang pembohong yang mampu mempertahankan kontak mata untuk menipu lawan bicaranya.

Menurut Glass, “Saat seseorang mengatakan yang sebenarnya, kadang sebagian besar akan mengalihkan pandangan atau memalingkan wajah, namun berbeda dengan seorang pembohong yang akan menatap dengan dingin dan mantap untuk mengintimidasi atau sekadar mengendalikan lawan bicaranya.”

Tanda lain yang harus juga diperhatikan adalah ketika seseorang berkedip dengan cepat. (Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini