Deretan Minuman yang Cocok untuk Pulihkan Tenaga Usai Olahraga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya usai berolahraga, kebanyakan dari kita berusaha mencari minuman yang dingin dan segar. Melansir The Health Site, berikut sejumlah minuman yang bisa jadi pengganti air putih untuk mencegah dehidrasi dan pulihkan tenaga.

Air Kelapa
Air kelapa bisa jadi minuman serbaguna termasuk membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Minuman ini memiliki kandungan elektrolit yang tinggi seperti magnesium dan potassium. Dibanding minuman olahraga, air kepala mengandung sodium lebih sedikit dan mengurangi risiko dehidrasi dan penyakit jantung.

Susu Cokelat
Susu cokelat memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan cocok dikonsumsi setelah olahraga. Karbohidrat bisa membantu mempercepat pemulihan dengan mengganti glikogen yang hilang saat berolahraga. Protein di dalam susu cokelat yang berpadu dengan karbohidrat bisa membantu pemulihan otot yang lelah.

Minuman Campuran Semangka dan Kemangi
Semangka memiliki kandungan magnesium, potassium, dan garam yang mampu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh. Semangkan mengandung 90 persen air yang membantu mengganti air hilang di dalam tubuh. Menambah daun kemangi pada jus semangka bisa menghilangkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

Teh Hijau dan Hitam
Teh hitam dan hijau bisa membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak merupakan proses memecah lemak menjadi molekul kecil menjadi energi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Bir Non-Alkohol
Berdasar penelitian pada Journal of the International Society of Sports Nutrition, karbohidrat dan elektrolit pada bir non-alkohol bisa membantu mengurangi risiko kram otot setelah olahraga. Hal ini juga diketahui membantu mengurangi peradangan setelah olahraga terutama setelah bersepeda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini