Begini Tips Sehat Membersihkan Rumah saat Banjir Surut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta tengah dilanda bencana banjir akibat lebatnya hujan yang mengguyur pada Jumat 16 Oktober 2020. Akibat hujan deras itu, beberapa lokasi tergenang air banjir.

Meski banjir melanda, akan ada saatnya air tersebut surut. Nah, ketika air surut, biasanya akan meninggalkan rumah yang kotor, berlumpur dan penuh sampah.

Pastinya hal itu tak baik untuk kesehatan kita. Maka, saat air banjir mulai surut, sangat disarankan untuk segera dibersihkan. Namun, membersihkan rumah yang penuh lumpur bekas banjir bukan perkara mudah.

Biar kamu gak bingung, yuk simak tips mudah membersihkan rumah pascabanjir biar kembali bersih dan sehat.

1. Keringkan Barang-barang

Sudah pasti barang-barang di rumahmu basah kuyup akibat diterjang banjir. Jika gak segera diatasi, gak cuma bikin rusak, barang-barang tersebut bisa jadi lembap dan sarang kuman.

Maka, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengeringkan barang-barangmu. Lokasi dengan cahaya matahari langsung akan membantu untuk membunuh jamur dan bakteri.

Dikutip dari Good House Keeping, bersihkan furnitur dan barang secepat mungkin dalam kurun waktu 48 jam setelah banjir. Semakin lama lembap, semakin banyak jamur yang berkembang.

Kamu juga bisa membuka jendela rumahmu agar kondisi udaranya tidak terlalu lembab. Jangan lupa untuk segera membuang barang-barang yang dirasa sudah rusak dan tak bisa dipakai.

2. Bersihkan Lantai

Tak cuma barang yang basah, pascabanjir juga akan meninggalkan lumpur di lantai rumah. Segera bersihkan lumpur tersebut agar tak menyebarkan kuman dan bakteri.

Caranya, kamu bisa menggunakan penyikat lantai agar lumpur membandel bisa hilang dari lantai. Jangan lupa untuk membersihkan hingga ke sudut rumah hingga yang sulit dijangkau.

Setelah lumpur dibersihkan, pel dengan cairan antiseptik khusus lantai supaya bakteri dan kuman hilang. Gunakanlah cairan yang beraroma sedap agar rumahmu tak bau lumpur.

3. Bersihkan Dapur dan Kamar Mandi

Jangan hanya terpusat di ruang keluarga, teras atau kamar saja saat membersihkan kotoran sisa banjir, area dapur dan kamar mandi juga harus diperhatikan ya!

Dapur dan kamar mandi yang terendam banjir umumnya bakal lebih berbau dibandingkan lokasi lain di rumah. Bersihkan area pembuangan yang menjadi sumber bau.

Segera buang makanan jika sudah terendam banjir. Jangan lupa mengecek kulkas dan bersihkan juga bagian dalamnya.

4. Mencuci Pakaian Dua Kali

Satu lagi yang harus diperhatikan usai banjir surut ialah pakaian. Tenang, kamu gak perlu membuang pakaianmu meski sudah terendam air banjir kok.

Hanya saja kamu perlu mencuci lebih dari satu kali. Pakaian yang terendam banjir masih dapat digunakan dengan membersihkannya secara ekstra. Cuci baju sebanyak dua kali untuk memastikan kotoran dan noda hilang dari pakaian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini