MATA INDONESIA, JAKARTA – Skuter yang berasal dari Italia ini memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Pasar Vespa di Indonesia baik klasik maupun modern ini sangat terjamin karena banyaknya peminat. Bukan cuma versi tuanya yang diburu. Vespa Matic saat ini banyak digemari karena tampilannya yang unik dan elegan. Dengan desain retro,jenis Vespa Matic semakin menjamur di berbagai daerah di Indonesia sekarang ini.
Meski Vespa Matic relatif aman dari penyakit mogok, tidak menutup kemungkinan Vespa modern mengalami kendala di jalan. Berikut beberapa masalah umum yang sering terjadi pada vespa modern solusi permasalahannya yang dikutip dalam web scootervip.com.
1. Gejala gregel
Banyak model Vespa modern yang terkena masalah getar pada area CVT. Ini menjadi penyakit umum yang dirasakan pengguna Vespa matik atau modern. Gejala ini dirasakan ketika berkendara pada putaran mesin rendah dan sangat menggangu bila melalui jalan macet. Gejala ini timbul karena adanya slip antara kampas koling dan mangkok di area CVT akibat kotor atau komponen kampasnya yang sudah aus. Solusi agar tidak terjadi gregel ini adalah dengan sering membersihkan di area CVT. Jangan malas atau menunda untuk membersihkan.
Bila perlu ketika sedang servis Vespa, mintalah mekanik untuk turut melakukan pengecekan dan membersihkan CVT. Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan untuk menanggulangi gejala gregel yaitu mengganti satu set komponen CVT.
2. Tali rem
Tali rem yang mudah macet sering menjadi masalah umum yang ditemui di Vespa modern. Karena diameter kabel lebih besar sehingga lebih mudah berkarat. Jika terkena sedikit karat, maka rem akan menjadi berat dan harus segera diganti. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek performa rem pada vespa. Untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan, lakukanlah pengecekan sistem pengereman secara rutin.
3. Karet bushing
Gejala ini muncul karena karet bushing yang sudah rusak. Faktor yag menyebabkan karet bushing ialah kondisi dari jalanan. Ketika vespa sering melewati jalan rusak, maka engine mounting menjadi cepat haus. Cara mengatasinya yaitu rutin mengganti karetnya jangan sampai mengganggu kenyamanan. Jika fisik karet bushing sudah jelek dan tidak layak untuk dipakai, segeralah diganti.
Reporter: Gilang Permata