Begini Cara Mengedukasi Anak agar Terbiasa Tidur Sendiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Membiasakan anak untuk tidur sendiri tentu menjadi kendala tersendiri bagi para orangtua. Lantaran masih ada anak yang menolak dan takut sendiri. Untuk itu, orang tua diminta untuk bijak mengatur waktu untuk mulai membiasakan sang buah hati untuk tidur sendiri.

Melansir Parents, pakar perkembangan anak Claire Lerner mengatakan bahwa perlu waktu dan adaptasi untuk membiasakan anak tidur sendiri. Untuk membuat mereka lebih mudah dalam melakukan transisi ini, perlu ada sejumlah hal yang diketahui orangtua.

Hal yang pertama bisa dilakukan adalah orang tua harus memahami ketakutan sang anak saat tidur sendiri. Biarkan hal itu terjadi karena itu merupakan hal yang normal. Tapi, anak juga harus diyakinkan dan percaya diri untuk bisa melaluinya dan mampu tidur sendiri.

Ingatkan dia mengenai berbagai halangan dan tantangan yang telah dihadapi dan dilaluinya. Jika dia memiliki boneka atau benda kesayangan seperti guling, bantal, dan selimut, pastikan dia tetap tidur menggunakannya.

Setelah itu, mulai tentukan waktu kapan untuk membantu anak tidur sendiri. Kamu juga bisa membuat batasan waktu hingga kapan bakal menemaninya untuk tidur di kamar baru.

Selama beberapa waktu kamu bisa menemani anak hingga tidur telelap. Seiring waktu, mulai jaga jarak lebih jauh dari buah hati ketika dia hendak tidur.

Jika pada malam hari anak terbangun dan berjalan ke kamar, antarkan dia kembali ke kamarnya dan temani hingga tertidur. Usahakan agar jangan sampai dia kembali tidur di kamrmu karena dapat membuat usahamu untuk dia tidur sendiri lebih berat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

A2RTU Gelar Expo Sistem Refrigerasi dan Tata Udara Pendukung Ketahanan Pangan dan Net Zero Emission

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketahanan pangan menjadi isu yang masif didengungkan oleh pemerintah. Terlebih, saat ini Indonesia bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045. Di sisi lain, dalam Rencana Strategis (Renstra) Badan Ketahanan Pangan (BKP) yang kini diubah menjadi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Tahun 2020-2024 menyebut bahwa pembangunan pangan di Indonesia masih menghadapi masalah. Utamanya, terkait dengan penyediaan (supply) pangan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini