MATA INDONESIA, – Kreatif adalah salah satu kata kunci yang bisa membuat seseorang bisa bertahan pada era apa pun. Pembelajaran daring yang merupakan salah satu jenis pembelajaran pada era pandemi koronavirus. Sebuah sistem pembelajaran yang guru dan peserta didiknya bertemu di dunia maya melalui perantara teknologi. Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mewujudkan merdeka belajar pada era tersebut, guru harus kreatif dan menumbuhkan kreativitas. Guru bisa menumbuhkan kreativitas dengan banyak membaca dan melakukan eksperimen. Selain itu, hendaknya guru sering melakukan kolaborasi dengan guru yang lain. Gerakan kolaborasi sangat penting untuk berbagi ide dan inspirasi serta saling memperbaiki.
Beberapa guru bisa saling berkolaborasi untuk menggali potensi peserta didik. Era pembelajaran daring membuat para guru harus melakukan inovasi dan langkah kreatif agar potensi peserta didik tetap bisa tergali secara maksimal. Berikut langkah kreatif yang bisa diterapkan.
Pertama, tabung. Tabung adalah sebuah gerakan mengumpulkan ide. Alam sekitar tempat tinggal guru dan peserta didik adalah sumber ide. Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang ragam ide produk yang akan mereka buat. Produk hendaknya memiliki keterkaitan dengan materi yang dipelajari. Ilmu pengetahuan dan ide bisa didapat tidak hanya dari ruang kelas. Namun, keduanya bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya, dari buku, dari media elektronik, tempat tinggal sekitar, dari rekan, dan sebagainya. Berikut contoh beberapa ide yang bisa ditabung:
- membuat peta timbul dari bubur kertas koran untuk pelajaran Geografi;
- membuat es krim untuk pelajaran Kimia;
- membuat aksesoris dan kaleng bekas untuk pelajaran Prakarya;
- membuat obento untuk pelajaran bahasa Jepang;
- membuat novel, kumpulan cerpen, kumpulan resep, kumpulan puisi untuk bahasa Indonesia;
- membuat museum mini untuk pelajaran Sejarah, dan sebagainya.
Guru dan peserta didik bisa melakukan tahap tabung ide dengan membaca semua materi kemudian memilih materi yang bisa diolah menjadi produk atau pameran kegiatan secara digital. Berikut contoh produk hasil tabung ide. Produk hasil kolaborasi saya dengan para guru dan peserta didik.
Kedua, tulis. Ide-ide yang sudah ditabung tidak boleh hilang. Ide-ide tersebut harus ditulis dan dipublikasikan. Publikasi penting untuk proses berbagi pengetahuan dan inspirasi. Tahap menulis bisa dimulai dari peta konsep yang berisi bagaimana mewujudkan ide-ide yang sudah dilakukan pada tahap tabung ide. Proses tulis ide terdiri dari tiga tahap yaitu pra menulis, menulis, dan pasca menulis. Pra menulis berupa pemilihan ide dan pembuatan peta konsep. Tahap menulis berupa pengembangan peta konsep menjadi bentuk tulisan yang utuh. Pasca menulis berupa kegiatan mengedit karya. Mengedit hanya boleh dilakukan setelah sebuah tulisan telah selesai. Selain menulis tentang karya, guru dan peserta didik bisa melakukan pameran karya dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai media sosial.
Jadi, guru dan peserta didik bisa terus berperan mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan terus berinovasi. Alam sekitar bisa menjadi sumber inspirasi untuk berkarya dan berinovasi. Karya dan inovasi bisa dilakukan dengan tabung ide dan tulis. Salam Karya. Salam Literasi. Merdeka.
Kau Beri Indonesia Satu Karya
Indonesia Beri Generasi Penerus yang Mulia
Generasi yang Terinspirasi oleh Karya
Karya bagi Indonesia adalah Kado Nyata
Dirgahayu Republik Indonesia
Penulis: Rialita Fithra Asmara
- Ig : Rialita Sastra
- Facebook : Sastra Rialita
keren idenya Mba. Semoga bisa menjadi contoh para guru lainnya. Sukses ya dlm mendidik generasi bangsa masa depan.
Wahh terima kasih sangat menginspirasi sekali
Ada hal dilematis, saat menerapkan kolaborasi dan tuntutan penguasaan akan materi.
Salam Literasi..telus menulis..menebar kemanfaatan untuk peserta didik dan sesama…Go go goo…
Keren … Ide kreatif memang dahsyat … Dan harus dimiliki oleh seluruh hati dan jiwa guru …
Terima kasih Bu rialita … Ringan tapi padat … Daging
Tulisan yang sangat memotivasi. Semoga guru2 yang lain juga termotivasi dan dapat berinovasi juga dan guru2 juga bisa memotivasi peserta didik untuk bisa berkarya dan berinovasi. Tetap semangaaat
Bagus sekali. Perlu dicoba untuk pembelajaran menulis. Pasti seru!
Pejuang literasi sejati. Tidak hanya pandai berkata, tetapi juga langsung berkarya. Nyata. Tidak hanya menabung, tetapi juga pecah ‘celengan’ dengan beragam karya.
Good luck
Sukses selalu untuk bu rea & Man 3 Jombang
Masyaallah
Bagus sangat inspiratif
Ya memang guru dan peserta didik harus bisa terus berperan mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan terus berinovasi.
Luar biasa
Mantap. Pakai banget.
Tulisan yang sangat memotivasi. Semoga guru2 yang lain juga termotivasi dan dapat berinovasi juga dan guru2 juga bisa memotivasi peserta didik untuk bisa berkarya dan berinovasi. Tetap semangaaat
Mantab bu rea, isinya menginspirasi guru utk lbh bs berinovasi dlm pembelajaran daring saat ini, sebenarnya bnyak bnget ya kreatifitas2 yg bs diwujudkan tinggal kembali ke guru masing2, teknologi dan literasi tdk bs terlepaskan saat ini, trlebih dlm dunia pendidikan. Semangat terus utk para guru dalam berkarya dan mendidik generasi bangsa.
Bagus sekali, daging semua isinya, siap mencontoh dan menerapkan.
Sebuah tulisan yang sangat inspiratif. Sangat senang bisa mengenal Rialita Sastra, penulis produktif dan inspiratif
Bu Lita memang selalu memiliki trik jitu, trutama ttg literasi ????
Tetap semangat terus bu. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan buat bu realita. ?
Baguuus sekali buu…
MasyaAllah..
Keren sekali..
Semoga bisa menginspirasi guru-guru yang lainnya yaa…
Sangat menginspirasi bu,banyak hala yang dapat diambil,contohnya seperti kekreatifan guru dana murid
informasi yang saya dapatkan setelah membaca teks ini saya menjadi definisi dari kata kreatif, dan cara kerja guru pada saat berkolaborasi untuk meningkatkan potensi peserta didik
dari hasil membaca informasi di atas saya mendapat informasi bahwa kolaborasi guru pada saat pembelajaran daring bisa membuat potensi peserta didik terus tergali.
Teks ini dangat menginspirasi,dapaat membangkitkan kekreatifan guru dan juga murid dalam pembelajaran daring ini
Informasi yang saya dapatkan dari Teks tersebut adalah, guru bisa saling berkolaborasi untuk menggali potensi peserta didik dengan melakukan langkah – langkah kreatif dan inspiratif
Yang saya ketahui atau yang saya rangkum adalah
Kreatif adalah salah satu kata kunci yang bisa membuat seseorang bisa bertahan pada era apa pun. Berikut langkah kreatif yang bisa diterapkan.
Pertama, tabung. Tabung adalah sebuah gerakan mengumpulkan ide.
Kedua, tulis. Ide-ide yang sudah ditabung tidak boleh hilang. Ide-ide tersebut harus ditulis dan dipublikasikan. Tahap menulis bisa dimulai dari peta konsep yang berisi bagaimana mewujudkan ide-ide yang sudah dilakukan pada tahap tabung ide. Proses tulis ide terdiri dari tiga tahap yaitu pra menulis, menulis, dan pasca menulis.
Saya menjadi tau bahwa tabung adalah sebuah ide.alam sekitar tempat tinggal guru dan peserta didik adalah sumber ide
Dari teks di atas saya memahami bahwa kreativitas kita, adalah kunci kita dalam bertahan pada era apapun. Selama kita mau ber-eksplorasi dan ber-eksperimen.
Dari sini saya tahu dan sadar bahwa kita masih berada di pandemi virus jadi kita sebagai siswa juga harus tetap berkarya dan membantu para guru supaya tidak kesulitan dalam kegiatan belajar online dengan cara mengerjakan tugas yang di kirim dan masuk zoom tepat waktu
Menginspiratif pengunjung2 untuk mengetahui apa itu kreatif. Di era digital digunakan dengan signifikan , menjadi berguna .
Ide yaitu hal yang bisa membuat sesorang bertahan di era apapun.
Serta bisa menggunakan kreatifnya
Dan yaitu tabung seperti bisa membuat novel karya tulis dsb.
Terimakasih
Ternyata banyak sumber ide disekitar kita yang tidak disadari, sangat bermanfaat buat sekitar. Sangat mengispirasi, Semoga kita bisa menjadi generasi bangsa
Alhamdulillah materi yang diberikan mudah dipahami bahasanya tidak bertele-tele. Pelajaran yang dapat diambil bahwa kita harus menggali karakter potensi kita, agar Kreatifitas kita terlatih/keluar. Karena Kreatifitas adalah kunci yang bisa membuat seseorang bisa bertahan pada era apa pun. ??
Keren banget bu, ??. Bu Rialita luar biasa. Tulisan ibu bisa menjadi inspirasi serta motivasi untuk para pengajar serta pelajar untuk lebih berinovasi dalam berbagi juga mencari ilmu. ??
Semangat bu.. ??
Ternyata berkolaborasi itu sangat penting bagi guru dan peserta didik untuk menggali potensi ….
Dan Disini saya mengetahui banyak ilmu …. bahwa pembuatan peta timbul itu terbuat dari bubur kertas koran dan itu masuk pada mapel geografi….trimakasih sudah berbagi ilmu Semoga bermanfaat
artikel tersebut sangat bermanfaat bagi pembaca, khususnya untuk guru-guru yang sedang mengajar di era pandemi ini dikarenakan artikel tersebut memberitahukan kepada pembaca tentang bagaimana cara guru-guru berkreasi dan mencari inovasi untuk menggali potensi peserta didik, yaitu dengan mengembangkan kreativitas dengan cara mencari ide ide baru. Serta agar kreatifitas berjalan dengan sempurna guru dan peserta didik harus bekerja sama, juga terus berperan mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan terus berinovasi. dari artikel tersebut juga diperoleh bahwa berkarya dan berinovasi bisa dilakukan dengan tabung ide lalu tulis.
Sangat menginspirasi .saya baru tau klo es krim bisa dari kimia .semoga bisa jadi penerus bangsa
Keren nih tulisan dan ide ide yang tertuang di dalamnya… mungkin lebih diperhatikan lagi tentang sedikit saltik di dalamnya…
semangaaaaatttttttt… terus menggali kebutuhan murid dalam belajar dan menuangkan segala prosesnya menjadi alur baca yang apik dan menginspirasi:)
Artikel ini memberikan banyak informasi dan inspirasi bahwa setiap guru harus lebih kreatif dan lebih sering untuk berkolaborasi dengan guru lain agar pembelajaran lebih berjalan maksmial dan contoh hal kreatif yang dapat dilakukan adalah metode tabung dan tulis
TERIMAKASIH BU UNTUK INSPIRASINYA
Halo bu ril,opini di atas sangat menarik sekali terkait cara agar pembelajaran daring tidak bosan,terkait juga mengenai aktifnya kami (murid)mengenai medsos,hal itu bisa membuat kegiatan pembelajaran semakin asyik.
TERIMAKASIH IBU UNTUK INSPIRASINYA
Dari informasi tersebut dapat kita ketahui bahwa kreatif merupakan hal yang dapat membuat seseorang bisa bertahan pada era apa pun. Terutama pada masa pandemi seperti saat ini. Pada masa pandemi hampir semua kegiatan manusia termasuk (KBM) kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. KBM yang dilakukan secara daring ini mengakibatkan prosesnya tidak dapat berjalan dengan maksimal karena banyak keterbatasan yang menghambat.
Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas pada masa pandemi ini guru harus kreatif dalam menumbuhkan kreativitas. Guru bisa menumbuhkan kreativitas dengan banyak membaca dan melakukan eksperimen. Selain itu, hendaknya guru sering melakukan kolaborasi dengan guru yang lain untuk berbagi ide dan inspirasi serta saling memperbaiki. Salah satu langkah kreatif yang bisa diterapkan yaitu:
1. Tabung adalah sebuah gerakan mengumpulkan ide. Guru dan peserta didik dapat membuat kesepakatan tentang ragam ide produk yang akan mereka buat. Produk hendaknya memiliki keterkaitan dengan materi yang dipelajari.
2. Tulis Ide. Ide-ide yang sudah ditabung tidak boleh hilang. Ide-ide tersebut harus ditulis dan dipublikasikan. Tahap menulis bisa dimulai dari peta konsep yang berisi bagaimana mewujudkan ide-ide yang sudah dilakukan pada tahap tabung ide. Proses tulis ide terdiri dari tiga tahap yaitu :
– Pra menulis berupa pemilihan ide dan
pembuatan peta konsep.
– Tahap menulis berupa pengembangan
peta konsep menjadi bentuk tulisan yang
utuh.
– Pasca menulis berupa kegiatan mengedit
karya.
Selain menulis tentang karya, guru dan peserta didik bisa melakukan pameran karya dengan menggunakan dan memanfaatkan berbagai media sosial.
Jadi, walaupun di masa pandemi ini terdapat berbagai macam hambatan guru dan peserta didik bisa tetap terus berperan mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan terus berinovasi. Karya dan inovasi tersebut bisa dilakukan dengan tabung ide dan tulis.
Ide 2T sangat keren,dan dapat membantu pembelajaran daring seperti saat ini
subhananlloh bagus sekaliiii
bangga dengan bu realitaa ??
semangat berkarya ya bu
Hayyin Farihatul M
XI MIPA 6
Kesimpulan:
Jadi keberhasilan peserta didik selama pembelajaran daring ini, itu tergantung pada ke kreativitasan guru. Para guru bisa saling berkolaborasi dengan guru yang lainnya dalam menggali potensi peserta didik.
Karya yang sangat inovatif. Sangat membantu untuk pembelajaran secara online.
Sukses terus Bu Rialita❤
Di sini saya mendapat informasi tentang bagaimana melakukan inovasi dan langkah kreatif agar potensi peserta didik tetap bisa tergali secara maksimal di era pembelajaran daring ini.
DWI PUTRIATIN KHOIRO
KELAS XI MIPA 7
Terimah kasih bu Rialita atas inspirasi dan motivasi nya , semoga ide yang dituangkan bu Rialita bisa diwujudkan oleh guru-guru dalam mengajar di masa pandemi ini . Dan semangat untuk Bu Rialita dalam berkarya
Siti nur Fadilla
XI MIPA 6
artikel ini sangat bermanfaat dan sangat menginspirasi untuk kita semua khususnya untuk pelajar, Terimakasih bu
Emang keren guru saya yang satu ini:))
Ide bagus untuk diterapkan 2T. Guru kreatif akan melahirkan siswa kreatif. Siswa kreatif akan melahirkan peradapan unggul di tengah situasi apapun. Salam Kreatif.
Sangat menginspirasi guru-guru di daerah.
Disini saya mendapatkan informasi bahwa peran guru sangatlah besar dalam era pandemi koronavirus ini, dikarenakan pembelajaran pun dilakukan dengan media elektronik yaitu dalam jaringan (DARING).
Disini guru dituntut untuk bisa kreatif dan harus bisa menginovasikan pembelajaran agar anak anak tidak bosan dalam pembelajaran daring ini.
Terimakasih untuk Bu Rialita, semoga karyanya dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi para bapak ibu guru dan anak anak diluar sana.
Sangat menginspirasi sekali