Viral! Video Pria Rusak KTP Demi Perlihatkan Chip, Sempat Bikin Warganet Geram

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video yang menampilkan seorang pria yang tengah membongkar Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi viral. Pria itu hendak memperlihatkan isi chip yang tertanam dalam KTPnya.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Sabtu 12 Februari 2021. KTP tersebut tampak rusak. Dalam video, pria itu rela merusak KTP miliknya demi memperlihatkan bentuk chip tersebut.

Jika diperhatikan, KTP yang dirusak oleh pria tersebut merupakan KTP yang sudah lama tidak berlaku. Masa berlaku KTP tersebut berhenti sejak tahun 2017.

Akan tetapi, unggahan video itu terlanjur membuat warganet geram. Misalnya akun @nuru****ba11 yang berkomentar “Hadeh, gk habis pikir.”

 

Unggahan itu menyebut bahwa chip yang ditanam di e-KTP berguna untuk menyimpan semua data kependudukan dari pemilik. Yup, ini benar banget, karena sesungguhnya e-KTP yang saat ini dipegang oleh ratusan juta penduduk Indonesia memiliki teknologi canggih.

Chip yang tertanam di kartu KTP-el ini tidak terlihat dari luar (contactless). Di dalam chip tersimpan bio data, pas foto, tanda tangan, sidik jari telunjuk tangan kanan dan sidik jari telunjuk tangan kiri. Data-data yang dimasukan ke dalam chip ini dienkripsi (terkunci) sehingga aman dan tidak sembarangan bisa dibaca.

Data-data yang masuk dalam chip merupakan data si pemilik KTP-el yang bersifat tunggal, merupakan kombinasi data biometrik. Chip yang digunakan untuk KTP-el dipasok dari perusahaan terkemuka dunia yaitu NXP (Belanda), STMicro (Prancis), dan Infinion (Jerman).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini