Viral Roti Cloud Bread, Begini Sejarah dan Nutrisinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aplikasi Tiktok kembali memberikan resep-resep viral yang gak ada habisnya. Setelah kopi dalgona yang bikin semua masyarakat mencobanya, kini giliran si roti unik dan lucu, cloud bread.

Kalau kamu mengira cloud bread benar-benar muncul karena aplikasi Tiktok, kamu salah. Nyatanya, roti awan ini sudah ada sejak tahun 1970an loh.

Cloud bread awalnya tercipta bagi masyarakat yang tengah diet dan tetap ingin mengkonsumsi roti yang rendah gula dan karbohidrat.

Mulanya, cloud bread muncul dengan nama Oopsie Bread. Mengapa? Konon roti ini merupakan produk gagal gaes. Meski demikian, roti ini mempunyai cita rasa tersendiri yang unik, karena rasanya yang lembut dan ringan. Persis seperti namanya.

Faktanya, kamu hanya butuh tiga bahan untuk membuat cloud bread, yakni putih telur, tepung maizena dan gula. Lalu, bagaimana dengan gizi yang terkandung kalau cuma terbuat dari tiga bahan?

Sejumlah ahli menyebutkan, cloud bread kaya akan protein yang dihasilkan dari putih telur. Sifatnya yang ringan dan renda karbo, membuat cloud bread dikenal bisa turunkan berat badan.

Secara rinci, kandungan gizi cloud bread setara denga setengah kalori dari roti biasa dan hanya mengandung 1 gram karbohidrat. Gak cuma itu, cloud bread juga mengandung mikronutrein yang tak ada di jenis-jenis roti tradisional, termasuk vitamin A, vitamin D, kolin, fosfor dan selenium. Nutrisi tersebut baik untuk mata, tulang hingga metabolisme tubuh.

Gimana? Tertarik mau coba? Meski cloud bread banyak nutrisi, tapi kamu tetap perlu mengkonsumsi sumber karbohidrat yang lain ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini