Jangan Skip! Inilah Manfaat Sahur Sebelum Berpuasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Karena sebentar lagibulan Ramadhan tiba, umat muslim wajib menunaikan ibadah puasa. Sebelum berpuasa, mereka harus sahur Terlebih dahulu. Selain untuk mengisi perut dan energisebelum berpuasa, sahur juga memiliki banyak manfaatuntuk kesehatan, lho!

Bangun di waktu sahur, selain menjadi berkah untuk umat muslim, juga dianggap memiliki berbagai manfaat untuk fisik. Sahur dapat merangsang pencernaan pertama di pagihari, menjaga kadar gula darah agar stabil, dan menunda rasa lapar selama puasa dari subuh sampai mataharitenggelam.

Berikut adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan darisahur.

1. Menghasilkan Energi untuk Beraktivitas Selama Puasa

Alangkah lebih baiknya lagi apabila kamu makanmakanan sehat yang menawarkan nutrisi penting untukmenghindari kelesuan sepanjang hari. Kamu yang menjalankan ibadah puasa harus menganggap sahursebagai makan siang.

Hal ini karena sahur sama pentingnya seperti makan siangpada umumnya. Sahur memiliki fungsi yang sama sebagaipenghasil energi untuk digunakan selama seharian penuhberaktivitas sampai buka puasa.

2. Mencegah Dehidrasi

Manfaat sahur sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh. Setiap harinya, tubuh membutuhkan sekitar2 liter air. Sahur adalah waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum menjalankan puasa. Tanpa sahur, kebutuhan cairan tubuh sulit terpenuhi dengan baik.

3. Mencegah Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah rendahnya kadar gula darah. Salah satu energi yang dibutuhkan tubuh berasal dari glukosa darah. Tanpa pasokan makanan dalam jangka waktu yang lama selama berpuasa, gula darah akan terpakai oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi.

Akibatnya, hipoglikemia (kadar gula darah rendah) dapatterjadi. Oleh karena itu, sahur dapat mencegah tubuhmumengalami hipoglikemia dengan makan makanan yang mengandung karbo, protein, dan lemak.

4. Mencegah Asam Lambung Naik

Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama tidak baik. Kondisi perut kosong yang sangat lama akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan menyebabkan gejala mag (nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, dan mual atau muntah). Oleh karena itu, sahurpenting untuk mengisi lambung dan mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini