Dua Tahun Pandemi, Mari Hidupkan Malam Ramadan dengan Qiyamul Lail di Masjid

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Malam bulan Ramadan adalah malam yang penuh keberkahan. Biasanya banyak umat muslim menghabiskan waktunya di malam bulan Ramadan dengan melakukan Qiyamul Lail.

Pengertian Qiyamul Lail merujuk kepada amalan beribadah pada malam hari dengan mengerjakan salat-salat sunat seperti salat Sunat Taubat, Tahajjud, Witir dan lain-lain. Serta amalan-amalan seperti membaca Al-Quran, berzikir, beristighfar, berdoa dan sebagainya.

Nah biasanya, sebelum pandemi Covid-19, sejumlah masjid di Tanah Air membuka diri dan menggelar Qiyamul Lail bersama-sama. Terkadang masjid-masjid ini juga menyediakan hidangan sahur, setelah semalaman jemaah melakukan ibadah. Namun benarkah Qiyamul Lail ini hanya berlaku di malam bulan Ramadan saja?

Qiyamul Lail menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid adalah menghabiskan waktu atau sebagian malam dengan salat meskipun hanya sesaat, berdzikir, beristighfar, membaca Al-Qur’an, dan berdoa kepada Allah SWT. Tidak disyaratkan harus menghabiskan mayoritas waktu malam. Menurut para ulama, secara umum salat tarawih juga merupakan sebutan bagi qiyamul lail pada bulan suci Ramadan.

Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk melaksanakan Qiyamul Lail:

”Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa pada Syahrullah (Bulan Allah) Muharram dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.”

(H.R Muslim no. 1163 dari hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Melaksanakan ibadah ini dapat memberikan pahala dan keuntungan bagi umat yang menjalankannya. Sehingga bisa menjadi jalan masuk ke dalam surga, menghapus keburukan dan mencegah dari dosa-dosa, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Beberapa masjid di Jakarta ternyata rutin mengadakan Qiyamul Lail di bulan Ramadan. Salah satunya yaitu masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal

Pelaksanaan Qiyamul Lail di bulan Ramadan biasanya bersama-sama. Ada panduan dan aturannya sehingga jemaah yang ingin menghabiskan malam untuk beribadah terbantu. Mulai dari salat sunah bersama-sama hingga membaca Al-Quran dan melantunkan salawat. Menjelang sahur, petugas Masjid Istiqlal biasanya menghidangkan makanan untuk disantap bersama-sama.

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa memiliki agenda pada bulan suci Ramadan. Dimulai malam hari dengan solat tarawih dan ceramah, tadarus Al-Qur’an, muhasabah, dan sahur bersama. Masjid Agung Sunda Kelapa berlokasi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Baitul Ihsan, Gambir 

Masjid ini rutin mengadakan Qiyamul Lail setiap bulan Ramadan, yang dilaksanakan pada pukul 02.00 WIB dan akan berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam hingga menjelang waktu sahur. Dengan suasana masjid yang nyaman, bersih dan sejuk, jemaah akan lebih tenang dan khusyuk berdoa kepada Allah SWT. Masjid yang berlokasi di komplek Bank Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat ini biasanya juga menyediakan kupon makanan gratis bagi para Jemaah untuk sahur.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini