Jokowi Bermain Bola dengan Anak-anak Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Kejutan. Tak ada dalam protokoler, Presiden Joko Widodo tiba-tiba bermain bola bersama tiga orang anak Papua pada upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu 2 Oktober 2021.

Awalnya, hanya ada pesepakbola legendaris Papua Jack Komboy yang sedang bermain dengan tiga orang anak. Mereka mengenakan kaos merah putih bertuliskan “PON XX Papua” di bagian belakang. Lalu ada suara yang mengatakan “Bapak Presiden, mari sini dukung kita,”.

Mendengar ajakan itu, Jokowi beranjak dari tempat duduk VVIP dan menuruni tangga menuju lapangan utama untuk bergabung dengan Jack Komboy dan anak-anak Papua itu.

Jokowi bermain bola sekitar tiga menit dengan saling melakukan operan kecil ke arah tiga anak Papua dan Jack Komboy. Dengan tetap mengenakan masker, Jokowi tampak mahir memainkan bola dengan kaki kanannya.

Setelah mengoper-oper bola, seorang penampil yang mengenakan baju adat Papua membawa alat musik tifa dan memberikannya kepada Presiden Jokowi. Dia lalu memukul tifa tersebut sebagai tanda dibukanya PON dan kembali ke tempat duduk VVIP.

Sempat meminum air mineral yang ada di sampingnya, Jokowi lalu menikmati pertunjukkan upacara pembukaan PON XX Papua. Setelah itu tampil pesepak bola nasional asal Papua Boaz Salossa yang membawa obor untuk menyalakan api PON di kaldron. Bersamaan dengan itu, kembang api warna-warni muncul bergantian menambah semarak suasana pembukaan.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Rincian atlet putra 4.176 orang dan atlet putri 2.890 orang. Atlet-atlet dari 34 provinsi itu berkompetisi dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang, dan 679 nomor pertandingan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini