Deretan Fakta Menarik Terkait PON Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Helatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akhirnya akan bergulir pada Oktober 2021 nanti. Pelaksanaan pesta olahraga antar provinsi ini mundur dari rencana awal. Mulanya hendak pada dilaksanakan tahun 2020, namun karena pandemi, PON Papua akhirnya baru dilaksanakan tahun ini.

Adapun pesta olahraga empat tahunan ini akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang diikuti sekitar 10.000 atlet dan official dari 34 provinsi.

Nah, sebenarnya PON Papua menyimpan sederet fakta yang menarik, berikut ulasan selengkapnya.

1. Memakai Maskot Endemik Papua
Maskot PON Papua XX adalah kanguru pohon atau “Kangpho”. Hewan ini merupakan salah satu hewan endemik langka yang populasinya menurun hingga 80% sejak penemuannya pada 1990.

Sedangkan cenderawasih, atau ikon “Drawa”, juga merupakan hewan yang dilindungi karena rentan terhadap perburuan ataupun perdagangan ilegal.

Menurut Kemenparekraf RI melalui instagram resminya, adanya dua maskot ini diharapkan dapat memberi pemahaman akan keragaman alam Papua yang patut dijaga bersama oleh bangsa Indonesia.

2. Noken Jadi Cenderamata PON Papua
Noken akan menjadi buah tangan dalam gelaran PON Papua. Sebanyak 25.000 noken sudah disiapkan menjadi cendera mata resmi bagi atlet dan ofisial. Cendera mata ini terwujud dengan kolaborasi BP PON dengan mama-mama Papua yang juga diberikan lokasi untuk menjual noken Papua.

Noken merupakan ikon kearifan lokal Papua sebagai alat untuk membawa barang-barang yang telah diakui UNESCO sebagai Warisan Kebudayaan Takbenda

3. Mempertandingkan Olahraga Elektronik (Esport)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah gelaran PON, pertandingan olahraga elektronik dipertandingkan. E-sport masuk ke ajang PON XX Papua 2021 sebagai cabang olahraga eksibisi dengan mempertandingkan e-Football PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire, serta satu tambahan game lokal Lokapala sebagai pertandingan persahabatan.

4. Cakupan Wilayah yang Luas
Jika PON sebelumnya hanya dilakukan paling banyak dua kota, maka di PON Papua 2021 terdapat empat lokasi, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Rinciannya adalah:

– Kota Jayapura: 15 cabor dengan 21 nomor disiplin,

– Kabupaten Jayapura: 14 cabor dengan 22 nomor disiplin,

– Kabupaten Mimika: 9 cabor dengan 12 nomor disiplin,

– Kabupaten Merauke: 6 cabor dengan enam nomor disiplin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini