Waspada, Puncak Gunung Lokasi Ideal KST Papua untuk Bersembunyi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puncak gunung khususnya di kawasan Kampung Tua di atas Gunung Impura, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi tempat persembunyian dan latihan perang bagi kelompok separatis dan teroris (KST) Papua. Salah satu anggotanya yaitu Adi Rawai berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian.

Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai bahwa pemilihan lokasi yang tidak mudah diakses seperti puncak gunung menjadi andalan KST Papua.

“Yang namanya tempat persembunyian pasti dipilih tempat yang tidak mudah diakses, mudah melakukan pemantauan, dan tidak mudah diduga oleh orang lain atau pihak lawan, puncak gunung adalah salah satu tempat ideal untuk persembunyian bagi KST di Papua. Apalagi mereka benar-benar menguasai medan, yang tentu berbeda penguasaannya dengan TNI Polri,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Sabtu 18 Desember 2021.

Menurut keterangan Satgas Nemangkawii, rumah atau pondok yang digeledah kerap dijadikan sebagai markas komando. Selain itu, sejumlah barang bukti juga sudah diamankan mulai dari senjata tajam seperti gergaji, badik, sangkur hingga parang dan senjata rakitan.

Pakaian dinas lapangan (PDL) bermotif loreng-loreng lengkap dengan baret berwarna merah juga ditemukan di lokasi. Polisi juga mengamankan sejumlah atribut yang berkaitan dengan bintang kejora seperti bendera, ikat kepala hingga buku-buku referendum.

Namun dalam penggeledahan tersebut polisi tidak menemukan sejumlah alat komunikasi atau elektronik yang digunakan oleh para tersangka. Hal ini diduga karena ada indikasi tersangka lain sudah mengamankan sejumlah barang bukti saat meninggalkan markas.

“Yang jelas sudah sampai TKP, situasi sepia tau ditinggalkan dalam keadaan kosong. Jadi kemungkinan semua yang berkaitan dengan BB (Barang Bukti) lainnya tidak ada, atau sudah dibawa mereka,” kata Kepala Operasi Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini