Waspada, Ada Penyakit Pneumonia Berat di Cina yang Belum Ketahuan Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bukan cuma kapal ikan, masyarakat Indonesia juga harus mewaspadai penyakit pneumonia berat yang kini sedang menjangkiti penduduk Cina karena belum diketahui penyebabnya. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat Indonesia yang bepergian ke Negeri Tirai Bambu itu harus menghindari beberapa tempat dan aktivitas yang berpotensi menularkan penyakit tersebut.

“Hasil pengkajian membuktikan penyakit itu bukan disebabkan virus influenza dan bukan penyakit pernapasan biasa,” ujar Terawan melalui pernyataan tertulisnya, Sabtu 11 Januari 2020.

Kini, menurutnya, semua pasien di Wuhan telah mendapatkan pelayanan kesehatan. Mereka diisolasi dan sedang dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebabnya.

Semula jumlah pasien yang terjangkit penyakit itu 27 orang, kini telah berkembang menjadi 59 orang.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini tidak melakukan pembatasan perjalanan ke Cina.

Namun, Menkes Terawan meminta masyarakat Indonesia yang berpergian ke China agar menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup.

Selain itu, katanya, jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan susah bernapas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama, segera menuju fasilitas kesehatan terdekat untuk berobat.

Jika setelah tiba di Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sulit bernapas, katanya, segera berobat.

Dia meminta seluruh masyarakat membiasakan berperilaku hidup sehat, seperti cuci tangan sebelum makan, pakai masker agar tidak menular ke orang lain, makan makanan bergizi seimbang, makan buah dan sayur yang cukup, melakukan aktivitas fisik minimal setengah jam setiap hari, dan segera berobat jika sakit.

Meski begitu, masyarakat Indonesia tidak perlu panik karena Kementerian Kesehatan sudah melakukan upaya preventif dan deteksi, terutama dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Kemenkes berupaya mendeteksi penyakit tersebut dari semua pintu masuk Indonesia di bandara atau pelabuhan dengan mengaktifkan pemindai panas tubuh untuk mendeteksi siapa saja yang masuk Indonesia, terutama dari negara lain.

Berdasarkan laporan Kantor Berita ANTARA Biro Beijing, Kedutaan Besar RI di Beijing memastikan bahwa sampai saat ini tidak ada warga negara Indonesia yang dilaporkan terjangkit pneumonia berat tersebut yang sedang mewabah di Provinsi Hubei China.

Di provinsi tersebut, terdapat 428 warga negara Indonesia yang seluruhnya mahasiswa, sekitar 200 orang di antaranya tinggal di Wuhan, tempat di mana penularan pneumonia berat sedang terjadi.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong juga mengimbau WNI di wilayah tersebut mewaspadai penyakit pneumonia berat. KJRI juga mengimbau WNI tidak kontak fisik dengan pasien yang mengidap infeksi paru-paru akut dan menggunakan masker ketika berada di luar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini