Utang Capai Level Tertinggi, Kondisi Ekonomi Italia Semakin Berat, Samakah dengan Indonesia?

Baca Juga

MATA INDONESIA, ROMA – Kondisi ekonomi Italia semakin berat dengan bertambahnya utang publik yang Agustus ini tercatat telah mencapai tingkat tertinggi selama enam bulan terakhir.

Bank of Italy, pada Selasa 16 Agustus 2022, mengumumkan kondisi tersebut diperparah dengan melemahnya mata uang euro membuat harga-harga melambung tinggi.

Pada suplemen Keuangan Publik dari buletin bulanan bank yang dirilis Selasa mengatakan utang Italia mencapai 2,766 triliun euro (setara 2,812 triliun dolar AS)

Angka itu tercatat menjadi yang tertinggi atau lebih tinggi 1,9 persen dari posisi utang awal tahun yang tercatat 2,714 triliun euro atau 2.759 triliun dolar AS.

Harga-harga yang lebih tinggi telah mendorong pendapatan pajak lebih tinggi: laporan Bank of Italy mengatakan pendapatan pajak telah meningkat 11,9 persen dalam enam bulan pertama dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menambahkan tambahan 23,2 miliar euro (23,6 miliar dolar) ke kas pemerintah.

Tetapi inflasi yang dikombinasikan dengan faktor-faktor lain seperti ketidakpastian politik di negara itu dan kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari krisis Ukraina telah mendorong imbal hasil obligasi ke level tertinggi sejak 2014.

Hingga Selasa, imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun Italia adalah 3,135. persen. Itu turun dari puncak lebih dari 4 persen pada pertengahan Juni, tetapi naik dari 1,089 persen pada awal tahun.

Sementara, posisi utang luar negeri Indonesia (ULN) pada akhir triwulan II 2022 tercatat sebesar 403,0 miliar dolar AS.

Angka itu menunjukkan penurunan dibandingkan dengan posisi ULN pada triwulan sebelumnya sebesar 412,6 miliar dolar AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini