MATA INDONESIA, JAKARTA-Bali, Mandalika Lombok di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dipilih menjadi daerah prioritas untuk mengembangkan produk kreatif.
“Ketiga daerah ini mendapat perhatian lebih dari kami karena ketiganya akan menjadi tuan rumah dari tiga event internasional yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan tahun 2023 mendatang, yaitu KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20, MotoGP, dan ASEAN Summit 2023,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif disebut akan mengembangkan serta meningkatkan kualitas produk-produk kreatif dari ketiga daerah tersebut melalui berbagai macam progam.
Di antaranya ialah Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (Beda’kan), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dan Indonesia Spice Up the World (program pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah).
Salah satu event yang diunggulkan oleh pihaknya ialah AKI karena akan menjadi salah satu kegiatan dalam Presidensi G20. Selain ketiga daerah tersebut, pengembangan berbagai produk kreatif akan didorong pula di lima destinasi super prioritas (DSP) yakni Borobudur di Jawa Tengah, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara.
Untuk dua daerah lainnya, Labuan Bajo dan Mandalika, sudah masuk dalam skala prioritas pengembangan produk kreatif Kemenparekraf tahun 2022 hingga 2023 mendatang.