Stok Ternak di Yogya Sangat Minim Jelang Idul Adha, DPP Cari Tambahan dari Daerah Sekitar

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Menjelang Idul Adha yang kurang dari satu bulan lagi stok ternak, baik sapi dan kambing di Kota Yogya belum mencukupi.

Maka, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogya akan memenuhinya dari daerah sekitar Yogya.

Kepala DPP Kota Yogya, Suyana, mengungkapkan kebutuhan hewan kurban untuk Idul Adha di kota tersebut diperkirakan sebanyak 5.702 ekor.

Rinciannya, sapi sekitar 1.902 ekor dan kambing sekitar 3.800 ekor.

“Kami tidak bisa memastikan kebutuhan kurban (tahun ini), karena tidak ada dasar untuk memprediksinya,” ujarnya Suyana, Senin 13 Juni 2022.

Akan tetapi, merujuk pada kebutuhan tahun 2021 itu, stok tahun ini bisa disebut jauh dari mencukupi.

Saat ini, stok sapi di peternak Kota Yogya hanya sekitar 100 ekor, sedangkan kambing hanya 570 ekor.

Agar bisa menyediakan sekitar 5.702 ekor Suyana menegaskan akan mengambil dari daerah seperti Sleman, Bantul, Purworejo, sampai Wonosobo.

Untuk meminimalisir tersebarnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), DPP Kota Yogya mengimbau masyarakat mengutamakan pembelian di wilayah sekitar kota saja.

Sementara, penjual sapi dan kambing yang hendak berjualan dadakan di Kota Yogya diminta menyiapkan surat sehat untuk hewan serta kandang isolasi.

Reporter: Muhamad Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini