Sheikh Mohammed bin Zayed Jadi Penguasa Baru Uni Emirat Arab

Baca Juga

MATA INDONESIA, DUBAI – Penguasa de facto Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) terpilih sebagai presiden pada Sabtu 14 Mei 2022.

Dewan Tinggi Federal yang terdiri dari penguasa tujuh emirat di Uni Emirat Arab menunjuk MBZ sebagai pimpinan tertinggi di persatuan emirat ini.

MBZ menggantikan kakaknya, Sheikh Khalifa, yang berpulang sehari sebelumnya. Kini, MBZ menjadi penguasa negara kaya minyak yang didirikan oleh ayahnya pada 1971.

Penunjukan itu akhirnya meresmikan posisinya sebagai pemimpin negara. Dia telah memimpin negara berpenduduk 10 juta jiwa itu dari balik layar selama bertahun-tahun.

Selama menjadi penguasa di balik layar, MBZ memperkuat militer dengan teknologi tinggi. UEA juga mengirim seorang pria ke luar angkasa di bawah pimpinannya saat masih menjadi penguasa de facto.

Ia juga turut meluncurkan penyelidikan ke Mars dan membuka reaktor nuklir pertamanya. Pengaruh UEA pun melesat berkat sumber minyak dan kebijakan luar negeri yang tegas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Berhasil Cetak Banyak Rekor dalam Ajang WWF ke-10

BALI — Indonesia kembali mencetak rekor dalam ajang tingkat dunia yang dipimpinnya sebagai tuan rumah. Kali ini, dalam perhelatan WWF...
- Advertisement -

Baca berita yang ini