Prioritas dalam Vaksinasi Covid19 Agar Segera Tercipta Kekebalan Komunitas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid19 di Indonesia dilakukan berdasarkan prioritas sehingga tidak boleh diberikan kepada warga di luar itu karena bakal menghambat terbentuknya kekebalan komunitas.

Kandidat doktor pada Kobe University, dr Adam Prabata, dalam pernyataannya yang diterima Mata Indonesia News, selain jumlahnya terbatas, prioritas itu untuk melindungi orang-orang dari kelompok rentan.

Kelompok rentan itu antara lain tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pandemi tersebut, lansia seperti pekerja publik seperti polisi dan tentara.

“Pemberian vaksin Covid-19 itu harus sesuai prioritas karena persediaannya masih terbatas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” begitu pernyataan Adam.

Alasan nakes mendapat prioritas, menurut Adam, karena 11 kali berisiko dari masyarakat biasa karena sehari-hari mereka menghadapi orang dengan infeksi Covid19.

Sedangkan lansia di atas 60 tahun menurut Adam, banyak yang meninggal dunia jika terinfeksi Covid19. Besarannya hingga 47,3 persen.

Jika ada orang yang bukan prioritas didahulukan sekarang, maka upaya melindungi mereka yang rentan jadi terhambat. Begitu juga dengan pembentukan kekebalan komunitas.

Adam menjelaskan pentingnya prioritas dalam vaksinasi Covid19 menanggapi pengusaha yang sudah mendapat suntikan vaksin berbarengan dengan nakes dan lansia sekarang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini