Perpanjangan Insentif PEN Dinanti Pengusaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan saat ini kalangan pengusaha menantikan perpanjangan insentif pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari pemrintah.

“Perpanjangan insentif PEN ini sangat kita nantikan mengingat sampai saat ini kita masih terus berjuang melawan covid-19 dan tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir,” katanya di Jakarta, Jumat 18 Juni 2021.

Dunia usaha, kata dia mengharapkan berbagai kebijakan pemerintah untuk membantu pengusaha bisa terus diperpanjang, selama dampak pandemi masih membebani ruang gerak mereka.

“Dunia usaha berharap agar berbagai kebijakan pemerintah seperti stimulus, relaksasi, keringanan pajak dapat diperpanjang sampai akhir tahun ini. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan sampai akhir tahun 2022, dampak pandemi ini masih membuat ruang gerak berbagai aktivitas bisnis dan perdagangan masih sangat dibatasi,” katanya.

Ia mengatakan dukungan stimulus dari pemerintah jadi satu-satunya harapan pelaku usaha untuk bisa bertahan di tengah masa yang sulit ini. “Selama dampak pandemi covid-19 masih dirasakan dunia usaha, tentu insentif harus diteruskan,” katanya.

Hingga 11 Juni 2021, realisasi anggaran PEN baru mencapai 31,4 persen yakni Rp219,65 triliun dari pagu tahun ini Rp699,43 triliun.

Realisasi anggaran PEN sebesar Rp 219,65 triliun itu meliputi bidang kesehatan Rp 35,41 triliun, perlindungan sosial Rp 64,04 triliun, program prioritas Rp 37,1 triliun, dukungan UMKM dan korporasi Rp 41,73 triliun, serta insentif usaha Rp 41,73 triliun.

Di tengah serapannya yang rendah, beberapa program PEN juga akan berakhir pada Juni 2021 ini. Sejumlah insentif atau stimulus ekonomi yang akan berakhir itu di antaranya insentif perpajakan untuk dunia usaha, bantuan sosial tunai, bantuan kuota data internet, hingga bantuan subsidi upah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini