Peringati Hari Arwah, Paus Fransiskus Pimpin Misa di Pemakaman Teutonik Vatikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, VATIKAN – Dalam Gereja Katolik, Hari Arwah Semua Orang Beriman diperingati setiap tanggal 2 November. Untuk tahun ini, meski ada pandemi corona (covid-19), Paus Fransiskus tetap menggelar misa khusus untuk mendoakan keselamatan para arwah Umat Katolik yang telah berpulang.

Melansir Vatican News, Paus memimpin misa di Pemakaman Teutonik Vatikan pada hari ini. Menurut keterangan dari Kantor Pers Tahta Suci, perayaan ekaristi kali ini akan bersifat sangat pribadi, tanpa partisipasi umat.

Usai misa, Paus akan melanjutkan dengan doa di pemakaman, sebelum pergi ke Groto Vatikan untuk mengenang almarhum Paus. Selanjutnya pada tanggal 5 November 2020 nanti, sekitar pukul 11.00, Paus Fransiskus akan memimpin misa kudus untuk Kardinal dan Uskup yang telah meninggal. Misa akan dirayakan di Basilika Santo Petrus. Kehadiran umat dalam perayaan tersebut pun dibatasi untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Sebagai informasi, Tahun 2019 lalu, Paus Fransiskus merayakan Misa untuk Arwah Semua Orang Beriman di Katakombe Romawi Priskilla, yang dikenal sebagai Regina Catacumbarum atau ‘Ratu Katakombe’.

Pada tahun 2018, Paus meninggalkan Vatikan untuk merayakan Misa 2 November di Pemakaman Laurentino, yang mencakup tempat pemakaman untuk anak-anak yang meninggal dan bayi yang belum lahir.

Pada 2 November 2017, Paus Fransiskus memberi penghormatan kepada korban perang saat berkunjung ke pemakaman militer Amerika di Nettuno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini