Pergantian Tahun Baru 2024, Satpol PP Bantul Peringatkan Warga Tak Sulut Petasan

Baca Juga

Mata Indonesia, Bantul – Pemerintah Kabupaten Bantul telah mengeluarkan larangan terhadap penggunaan petasan pada malam tahun baru 2024. Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul akan melakukan inspeksi terhadap sejumlah penjual kembang api untuk memastikan tidak ada penjualan petasan menjelang perayaan tahun baru.

R. Jati Bayubroto, Kepala Satpol PP Bantul, memberitahu masyarakat bahwa penggunaan petasan dilarang selama perayaan malam tahun baru, sementara penggunaan kembang api masih diizinkan. Meskipun suara kembang api seringkali mirip dengan suara petasan, namun saat ini penggunaan kembang api masih diizinkan.

“Petasan tidak diperbolehkan, yang diizinkan adalah kembang api. Meskipun suara kembang api sering mirip dengan petasan. Saat ini, penggunaan kembang api masih diizinkan. Kami akan terus memantau perkembangannya, terutama menjelang malam tahun baru. Jika penjualan petasan menjadi masif, kami akan memeriksa penjual kembang api,” ujarnya katanya, Minggu 31 Desember 2023.

Broto juga mengingatkan bahwa sebelumnya penjualan petasan sudah ditemukan di beberapa wilayah Bantul. Bagi pedagang yang melanggar larangan tersebut, mereka akan diberikan imbauan dan peringatan agar tidak lagi menjual petasan.

“Iya, penjualan petasan terjadi di berbagai wilayah. Selama ini, kami belum pernah mengadili penjual petasan secara hukum. Pada razia sebelumnya, kami hanya memberikan peringatan. Kebanyakan penjual adalah rumahan,” jelasnya.

Broto menambahkan bahwa pasokan petasan kebanyakan berasal dari produksi rumahan di Bantul, dan pihaknya belum menemukan produsen skala besar. Produksi petasan ini seringkali dilakukan secara rahasia, sehingga sulit untuk melacak asal bahan dasar pembuatannya.

“Dalam perayaan tahun baru ini, kami baru melakukan razia petasan sebagai tindakan antisipatif. Selama ini, penggunaan petasan seringkali ditemukan pada bulan puasa. Kami mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan petasan selama perayaan malam tahun baru,” jelas dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini