Obor Api Abadi Mrapen Dibawa ke Solo Sebagai Tanda Dimulai ASEAN Para Games

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Perhelatan olahraga kaum difabel ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo bakal dimulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Sebagai acara pendukung, digelar rangkaian acara torch relay atau pawai obor APG 2022 yang dilaksanakan 23-24 Juli 2022.

Pawai obor dimulai dengan upacara pengambilan Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu 23 Juli 2022.

Rangkaian acara dibuka dengan penampilan Tarian Jaranan Reog asli Grobogan, dan dilanjutkan dengan sambutan dari para tamu undangan.

Setelah itu, acara memasuki prosesi inti, yakni pengambilan api dari perwakilan panitia penyelenggara ASEAN Para Games (INASPOC) ke perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno.

Secara simbolis ia memberikan obor tersebut kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni. Lalu obor diberikan lagi ke perwakilan atlet yang diwakili oleh Sholikan, atlet para swimming asal Grobogan.

Obor kemudian diarak menuju Kota Semarang. Setelah dari Semarang, obor api nantinya akan diarak menuju ke Kabupaten Sukoharjo, lalu ke Kabupaten Karanganyar, hingga keesokan harinya obor direncanakan akan berakhir diarak di momen car free day Solo, mulai dari Purwosari hingga Balai Solo pada Minggu 24 Juli 2022 pagi.

Direktur Deputi III Pendukung Pertandingan INASPOC Henry Indrayani Oka mengungkapkan, api dari Mrapen merupakan lokasi yang penuh nilai historis.

Tak terhitung sudah berapa kali api Mrapen menjadi rangkaian event olahraga di Indonesia. Di tempat sakral ini, ASEAN Para Games juga menyalakan obor apinya, dan dimulai dari sini.

“Api di Mrapen jadi simbol perjungan atlet. Semangat para atlet diharapkan terus berkobar hingga bisa membawa harum nama bangsa, dan negara,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini