Negara G20 Segera Susun Cara Mobilisasi Sumber Keuangan untuk Respons Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Negara kelompok G20 akan menyusun cara mobilisasi sumber keuangan untuk respons cepat semua pandemi di masa depan.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara G20 Bidang Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, soal pertemuan kedua Health Working Group (HWG-2) pada tanggal 6-7 Juni 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan side event One Health pada 7-8 Juni 2022.

“Pertemuan kedua HWG akan menekankan aspek koordinasi, abilitas dan respon cepat terhadap perubahan situasi penyakit serta pembiayaan rencana mitigasi untuk menghadapi situasi pandemi global,” kata Nadia yang dikutip Sabtu 4 Juni 2022.

Pada pertemuan itu, para delegasi akan fokus kepada tiga agenda yakni memobilisasi sumber daya keuangan untuk melakukan pencegahan, kesiapsiagaan dan respons pandemi (PPR) di masa depan, serta memobilisasi sumber daya kesehatan penting baik alat kesehatan esensial maupun diagnostik.

Selain itu, negara anggota G20 juga akan membahas mekanisme pembiayaan untuk PPR di masa datang.

Menurut Nadia, saat ini sudah ada beberapa inisiatif pembiayaan yang telah diinisiasi World Bank dan WHO yakni joint finance dan health taskforce serta Financial Intermediary Fund (FIF).

Pada pertemuan kedua itu diharapkan bisa menghasilkan satu tindakan kolektif global yang diperlukan meningkatkan investasi.

Selain itu, dukungan berbagai pihak untuk memperkuat kapasitas negara-negara berkembang melakukan pencegahan, kesiapsiagaan, respons pandemi berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini