Mahfud MD: Rizieq Dicekal Arab Saudi Karena Sering Terima Uang Amplop

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tidak pernah khawatir terhadap kepulangan Muhammad Rizieq Shihab karena itu hak dia sebagai warga negara. Jika dia dilarang keluar Arab Saudi lebih dari dua tahun lalu karena dicurigai pemerintah setempat menghimpun dana politik akibat sering terima amplop.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dalam sebuah talk show di Cokro TV yang dilihat Senin 9 November 2020.

“Dulu kenapa disebut menghimpun uang atau dana politik secara ilegal? Karena setiap orang yang datang ke dia (Rizieq) biasa ngasih bisyaroh. Uang amplop,” ujar Mahfud yang saat itu berbincang dengan Ade Armando.

Menurut Mahfud ada yang melaporkan kebiasaan Rizieq menerima uang-uang amplop tersebut dan Pemerintah Arab Saudi mencatatnya.

Bukan cuma dicatat tetapi juga nama Muhammad Rizieq Shihab diberi garis merah karena dia tidak boleh meninggalkan Arab Saudi.

Pemerintah Arab menduga dia melakukan penghimpunan uang secara ilegal untuk sebuah kegiatan politik.

Namun dalam proses penyelidikannya selama 2,5 tahun ini ternyata uang-uang amplop itu bukan untuk kegiatan politik sehingga Pemerintah Arab Saudi mencabut tuduhan dan memperbolehkan Rizieq meninggalkan Arab Saudi.

Tetapi, masalahnya selama 2,5 tahun itu Rizieq tinggal sebagai orang ilegal akibat visanya habis dan tidak diperpanjang.

Setelah diurus, menurut Rizieq dalam pernyataannya melalui akun YouTube Front TV dia mendapat perpanjangan visa dan bisa pulang dalam status bukan deportan akibat overstay.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini