Keren, JK Diminta Jadi Mediator Perdamaian Afghanistan-Taliban

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Eks Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) diminta menjadi mediator perdamaian antara pemerintah Afghanistan dengan faksi militan Taliban, yang hingga kini belum menemui titik terang.

Tak hanya JK, para ulama di Tanah Air juga diminta berperan dalam masalah ini. Bahkan, Menteri Agama dan Haji Afghanistan Mohammad Qasim Halimi meminta mediasi dilakukan di Jakarta dalam bentuk dialog.

“Kami ingin Pak JK dan ulama Indonesia memfasilitasi dialog ulama Afghanistan dan Taliban untuk mengakhiri konflik,” kata Qasim dalam saat berbincang dengan JK di Istana Presiden Afghanistan Char Chinar Palace di Kabul, Rabu 23 Desember 2020.

Ia menjelaskan, selama konflik dipicu oleh masalah perbedaan pendapat terkait model pemerintahan Islam yang cocok untuk Afghanistan.

Namun, konflik kian hari semakin memburuk. Qasim khawatir, 32 juta warga Afghanistan akan terancam bila ketegangan tak mereda.

“Kami ingin semua itu diakhiri dan kami ingin mendiskusikan untuk segera menentukan bentuk pemerintahan yang cocok,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini