Kemenhub Berdayakan Tol Laut Papua untuk Kirim Logistik ke Nduga dan Jayawijaya

Baca Juga

MATA INDONESIA, NDUGA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya untuk memberdayakan penggunaan tol laut dan multi moda di Provinsi Papua. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian Papua lewat sektor logistik.

Menurut Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa, rencana pemanfaatan tol laut ini adalah untuk memudahkan proses distribusi logistik beras dari Merauke ke Nduga dan para pengungsi di Wamena Jayawijaya.
Selain itu, untuk mempercepat proses pengiriman bahan pembangunan sarana ibadah Gereja oleh Pemerintah Kabupaten Nduga dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya – Pomako Mimika – Mumugu/Batas Batu Nduga.

“Rencana ini dibahas dalam agenda rapat tentang aksi tindak lanjut Program Strategis Nasional Tol Laut Lintas Papua yang telah diprogramkan dan berjalan pada Trayek 2021 & Percepatan Pembangunan Kabupaten Nduga,” katanya, baru-baru ini.

Kata Taher, saat ini Bupati Nduga Wentius Nimiangge terus meningkatkan pembangunan fisik dan juga pemberdayaan masyarakat lokal dalam keikutsertaan pembangunan dan pendidikan SDM Putra Putri Nduga dengan terus berkoordinasi bersama Kementerian/Lembaga, salah satunya Kemenhub.

Ia pun berharap Program tol laut lintas Papua dan Multimoda yang telah berjalan selama ini harus terus dapat dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat di Kabupaten-kabupaten yang berada di wilayah pegunungan.

Contohnya Kabupaten Nduga, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Puncak serta juga Kabupaten lainnya di daerah pesisir seperti di Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Fak-Fak, Kabupaten Supiori, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten lainnya yang saat ini terus berkembang dan meningkat penggunaan Tol Laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini