Kehadiran Otsus Sebagai Upaya Pemerintah untuk Rawat Persatuan di Tanah Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, BIAK – Kehadiran program Otonomi Khusus di Papua sudah bergulir lebih dari 20 tahun. Banyak perubahan yang telah terjadi di Bumi Cenderawasih. Hal itu disadari betul oleh Ketua I Bidang Ekskutif Dewan Adat Biak Mun Supiori Selatan Stefanus Sarakan.

Ia mengatakan, kebijakan Otsus merupakan Langkah tepat yang diberikan pemerintah pusat bagi masyarakat di Papua. Selain itu, menjadi bentuk perhatian pemerintah dan sekaligus menegaskan bahwa Papua adalah ‘rumah’ bagi masyarakatnya dan jadi satu-kesatuan yang tak terpisahkan dengan daerah lain dalam bingkai NKRI.

“Semua itu demi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih,” ujarnya, dikutip Kamis 21 Oktober 2021.

Agar penyerapan Otsus jilid II kian baik, ia menyarankan agar ada evaluasi dan sosialisasi yang lebih massif kepada masyarakat Papua. Agar mereka lebih paham tentang penyaluran dan manfaat dari keberadaan Otsus.

“Kami berharap Pemerintah Pusat membuat formula terbaik tentang Otsus Papua sehingga hasilnya lebih tepat sasaran,” katanya.

Ia juga berharap agar progam Otsus tetap dilanjutkan demi kesejahteraan masyarakat Papua. Karena masyarakat Papua masih membutuhkan dana Otsus untuk pembangunan ke depan.

“Dana Otsus yang cukup besar bisa untuk mensejahterakan rakyat Papua baik bidang pendidikan,kesehatan dan Infrastruktur,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini