Kecelakaan Laut Libatkan 43 Wisatawan di Parangtritis, Satlinmas Rescue Istimewa Perketat Pengawasan Tekan Jumlah Korban

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Kecelakaan laut menjelang liburan akhir tahun di Pantai Parangtritis dan Depok menjadi kewaspadaan Pemkab Bantul dan Satlinmas Rescue Istimewa. Hal itu diperketat untuk mengurangi jumlah korban.

Hingga kini, terdapat 43 wisatawan yang terlibat dalam kecelakaan laut dari 14 kasus yang terjadi sejak Januari – Oktober 2023. Dari jumlah kasus itu, dilaporkan satu orang meninggal dunia.

Koordinator Wilayah Operasi III Satlinmas Rescue Istimewa, Arief Nugroho menyebutkan kejadian yang baru terjadi pada 28-29 Oktober kemarin. Sebanyak 9 pelajar dari Magetan, Jawa Timur terseret ombak di Pantai Parangtritis.

“Sebanyak 20 personel tim rescue dikerahkan dan berhasil menyelamatkan semua pelajar,” kata Arief dikutip, Selasa 31 Oktober 2023.

Satu orang wisatawan yang meninggal terjadi pada awal April 2023 lalu. Arief mengatakan semua wisatawan yang terseret ombak semua dapat ditemukan, meski satu korban meninggal dunia.

“Kami sudah melakukan berbagai macam upaya untuk menekan jumlah korban. Papan peringatan termasuk patroli personel sudah kami lakukan,” terang Arief.

Arief mengatakan bahwa sejauh pengawasan yang dilakukan, personel terus melakukan kegiatan pemantauan. Setiap akhir pekan, jumlah personel diperbanyak untuk reaksi cepat tanggap ketika terjadi insiden.

Personel juga kerap mengingatkan para wisatawan dengan pengeras suara untuk tidak mandi dan bermain ke tengah laut.

“Tapi memang ada saja orang tadinya hanya di pinggir, tiba-tiba mereka main ke tengah,” ujar dia.

Ke depan pihaknya menegaskan kepada para wisatawan tetap waspada. Mengingat liburan akhir tahun sudah mulai dirasakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini