Jokowi Sebut, Pembangunan IKN Merupakan Pekerjaan Rumit, Butuh Waktu 15- 20 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Butuh waktu sekitar 15-20 tahun untuk semua pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini kan sebuah pekerjaan besar sekali. Jadi dan juga bukan pekerjaan mudah, ini pekerja rumit. Memang butuh waktu yang panjang. Perkiraan kita 15-20 tahun baru bisa diselesaikan,” kata Jokowi dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 15 Maret 2022.

Jokowi mengatakan, dengan dilantiknya Kepala Badan Otorita Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe sudah bisa disiapkan terkait kelembagaan, perencanaan pembangunan IKN. Proyeksi yang akan dikerjakan dapat lebih rinci.

“Kira harapkan dengan sudah terbentuknya otorita, ada kepala otorita, wakil kepala otorita, nanti yang siapkan kelembagaan sudah ada, perencanaan lebih detail DED disiapkan, sehingga makin kelihatan nanti. Yang paling penting memang infrastruktur dasar yang segera dimulai,” kata Jokowi.

Sementara itu Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengaku pembangunan kota butuh 15-20 tahun. Hal itu disampaikannya usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15-20 tahun biasanya sehingga kota itu benar-benar mempunyai roh atau soul of the city,” katanya.

Dia menjelaskan fokus kali ini tidak hanya membangun fisik saja. Melainkan membangun kerekatan sosial, interaksi antar warganya, kemudian bagaimana kota tersebut benar-benar akan menjadi jadi kota layak huni, humanis, dan livable.

Lebih lanjut dia menjelaskan akan segera menghubungi pihak-pihak Kementerian/Lembaga terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsepnya. Mulai dari Bappenas yang sudah lebih dari 2017 melakukan berbagai macam penelitian.

“KL lain yang meneruskan pembangunan, pupr dan lain. Melalui kesempatan ini,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini