Jatuh dari Pesawat AS di Kabul, Pemain Muda Afghanistan Tewas

Baca Juga

MATA INDONESIA, KABUL – Pesepakbola muda Afghanistan, Zaki Anwari meninggal dunia karena jatuh dari pesawat Amerika Serikat yang lepas landas dari Bandara Kabul.

Kerumunan terjadi di area lepas landas Bandara Kabul. Masyarakat Afghanistan ingin meninggalkan negaranya sejak Taliban kembali berkuasa. Dalam pemandangan yang dramatis, banyak yang mencoba naik saat pesawat hendak lepas landas.

Dikutip dari Sky Sports, Jumat 20 Agustus 2021, satu dari banyak orang yang berusaha naik ke pesawat adalah Zaki Anwari. Pemuda berusia 19 tahun itu berpegangan pada badan pesawat dan terjatuh.

Angkatan Udara AS mengatakan, mereka sedang melakukan tinjauan tentang apa yang terjadi ketika warga sipil Afghanistan berlari di samping dan di sekitar pesawat sebelum lepas landas dari Bandara Internasional Hamid Karzai (HKIA).

C-17 Globemaster, dengan callsign Reach 871, membawa sekitar 640 warga Afghanistan, dilaporkan lebih dari lima kali muatan yang disarankan, setelah ratusan orang yang putus asa membanjiri pesawat.

Sebuah foto yang menunjukkan warga sipil Afghanistan, berjongkok dan berdesakan satu sama lain di lantai pesawat militer, menjadi viral di media sosial setelah Kabul direbut oleh gerilyawan Taliban.

Para pejabat pertahanan AS mengatakan pesawat itu lepas landas dari bandara internasional di ibu kota Afghanistan dengan jumlah penumpang terbanyak yang pernah diterbangkan dengan C-17, sebuah pesawat kargo militer yang telah digunakan oleh AS dan sekutunya untuk hampir 30 tahun. Pesawat itu akhirnya mendarat dengan selamat di Qatar.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Investigasi Khusus (OSI) Angkatan Udara mengatakan sedang meninjau semua informasi yang tersedia mengenai pesawat C-17, serta hilangnya nyawa warga sipil.

“Selain video online dan laporan pers tentang orang-orang yang jatuh dari pesawat saat keberangkatan, sisa-sisa manusia ditemukan di lubang roda C-17 setelah mendarat di Pangkalan Udara Al Udeid, Qatar,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini