Jangan Panik, Gempa 8,7 Cuma Potensi, Tapi Kita Wajib Kerjakan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAGempa dengan magnitudo 8,7 di pesisir selatan Jawa bisa terjadi kapan saja karena itu adalah sebuah potensi. Maka kita harus segera melakukan mitigasi struktural dan kultural dengan membuat bangunan yang aman dari gempa dan tsunami.

Itu adalah pernyataan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi ramainya media online mengungkapkan kemungkinan gempa sekuat itu terjadi.

“Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur, zona lempeng selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum M 8,7. Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi yg pasti, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu,” begitu pernyataan BMKG melalui Biro Humasnya yang dipimpin Achmad Taufan Maulana dan dikutip Minggu 6 Juni 2021.

BMKG menganjurkan pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat dan swasta menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi yang layak dan memadai.

Selain itu, BMKG mengingatkan BPBD agar memastikan sistem peringatan dini di daerah rawan beroperasi atau terpelihara dengan layak dan terjaga selama 24 jam setiap hari untuk meneruskan Peringatan Dini dari BMKG.

Pemerintah daerah dengan pusat melakukan penataan tata ruang pantai rawan agar aman dari bahaya tsunami dengan menjaga kelestarian ekosistem pantai sebagai zona sempadan untuk pertahanan terhadap gelombang tsunami dan abrasi.

Ditambah, pemerintah daerah dengan pihak terkait perlu membangun kapasitas masyarakat/edukasi masyarakat untuk melakukan respons penyelamatan diri secara tepat saat terjadi gempabumi dan tsunami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini