Investor Lirik Produksi Olahan Susu, Pabrik Es Krim Terbesar Bakal Dibangun di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Salah satu produsen terbesar se-Asia dan nomor lima di dunia, Yili Group tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Kali ini produk pilihan olahan susu bakal digarap dengan membangun pabrik es krim terbesar di Indonesia.

Ini merupakan pabrik produksi pertama yang dibangun dari nol Asia Tenggara. Di lahan seluas 17 hektar tersebut, pabrik senilai Rp 2 triliun mampu memproduksi merek Es Krim Joyday sebanyak 159-ton es krim per hari dengan proyeksi kapasitas produksi sampai dengan empat juta buah es krim per hari setelah investasi tahap kedua. 

Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy, Yu Miao menjelaskan peresmian pabrik fase pertama ini merupakan langkah awal dari investasi dan kerjasama jangka panjang PT Yili Indonesia Dairy dengan Indonesia. Pabrik seluas 8 hektar ini akan memiliki kapasitas produksi lebih dari 50 ribu ton per tahun.

“Hadirnya Pabrik Yili Indonesia Dairy diproyeksikan akan membuka lebih dari 5,000 lapangan pekerjaan baru secara langsung maupun tidak langsung. PT Yili Indonesia Dairy juga memperluas kerja sama dan berkomitmen untuk menggunakan bahan baku lokal dari seluruh distributor di Indonesia,” katanya.

Yili Group juga telah menerapkan fasilitas produksi berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan mengadopsi strategi manajemen rantai pasokan hijau. Fasilitas Yili Group ini memiliki sistem pengolahan air limbah yang mendaur ulang air dan membantu pabrik menghemat hingga 4.000 ton air per tahun. 

“Pabrik ini juga menggunakan mesin yang hemat energi dan berefisiensi tinggi, serta boiler gas alam yang dapat memangkas konsumsi listrik sebesar 1,21 juta kilowatt-jam per tahun dan memangkas emisi karbon dioksida sebesar 8.029 ton per tahun,” ujar Yu Miao.

Ia melanjutkan bahwa pabrik ini sudah memproduksi 35 varian rasa es krim Joyday dengan lini distribusi yang tersebar di 260 kabupaten/kota di 26 provinsi di Indonesia. Yili Group juga berencana untuk ekspor produk dari pabrik ini ke negara Asia Tenggara lainnya termasuk Singapura, Thailand, dan Myanmar. 

Terkini, es krim Joyday menerima “2021 Brand Choice Award” pada bulan Juni 2021 dari InfoBrand, sebuah otoritas riset merek di Indonesia sebagai es krim pilihan konsumen berdasarkan aspek: Brand Awareness, Brand Choice dan Brand Reviews & Ratings.

Menteri Industri, Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi PT Yili  Indonesia Dairy atas investasinya di Indonesia dan rasa produk es krim Joyday yang enak dan  dengan harga yang terjangkau, 

“Langkah [PT Yili Indonesia Dairy] ini menunjukkan optimisme investor terhadap peluang usaha yang tetap terbuka lebar dan iklim usaha yang  semakin baik di Indonesia walaupun saat ini masih ada virus Covid-19 di tengah-tengah kita,” ujarnya. 

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Plt Bupati Kabupaten Bekasi, Akhmad Marjuki mengemukakan harapannya agar pabrik PT Yili Indonesia Dairy dapat membawa manfaat bagi kesejahteraan warga kabupaten Bekasi dan Indonesia. 

“Saya ingin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan PT Yili Indonesia Dairy yang telah memberikan kepercayaan kepada tanah kabupaten Bekasi yang dinilai sebagai tempat terbaik untuk mendirikan dan menjalankan roda bisnisnya,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini