Inilah Tiga Isu Prioritas Transisi Energi di G20

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Penentuan tiga isu prioritas dalam transisi energi di G20 yakni akses, teknologi, dan pendanaan telah melalui proses yang panjang.

Hal ini diungkapkan Chair Energy Transisition Working Group (ETWG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM), Yudo Dwinanda Priaadi, dalam sesi diskusi  usai peluncuran Transisi Energi G20 “Mencapai Kesepakatan Global Percepatan Transisi Energi”, secara virtual, pada Kamis 10 Februari 2022.

”Kami telah bertemu dengan pusat studi energi di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, serta lembaga energi global seperti International Energy Agency atau Badan Energi Internasional sejak 2021 untuk membahas tiga isu prioritas,” kata Yudo.

Yudo mengungkapkan, pihaknya akan menggaungkan transisi energi karena berpengaruh luas terhadap masyarakat.

Sementara itu, Deputy Chair Taskforce Energy Climate Sustainability B20, Agung Wicaksono, menuturkan pihaknya mendorong tercapainya keadilan dan keterjangkauan energi bagi semua pihak.

“Rakyat di seluruh dunia berhak untuk mendapatkan akses terhadap energi,” katanya.

Menurut Agung, B20 akan mengupayakan kerja sama global agar dapat berjalan.

“Kami harapkan melalui Presidensi G20 Indonesia 2022 bisa mempercepat transisi energi,” ujarnya.

Selain itu, kata Agung, pihaknya menyiapkan aksi bisnis dengan seperti program menergi berdikari.

“Kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  akan kerja sama supaya transisi energi tercapai,” katanya.

B20 adalah forum dialog global yang terdiri dari para pebisnis dunia, khususnya pebisnis dari negara-negara G20.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengatakan forum ini akan menjembatani fokus Indonesia mendorong negara maju dan berkembang pada keanggotaan G20 untuk mempercepat proses transisi energi serta memperkuat kolaborasi.

“Juga memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan,” kata Menteri ESDM, Kamis 10 Februari 2022.
Peluncuran Forum Transisi Energi G20 sebagai bagian Presidensi G20 Indonesia. Mulai 1 Desember 2021 hingga konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di November 2022 mendatang.
Presidensi itu, menjadi sangat penting bagi Indonesia sebagai warga global yang mendukung energi bersih dan iklim dunia yang stabil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini