Ini 9 Daftar Kota di Indonesia yang Miliki Suhu Terpanas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Indonesia merupakan negara tropis di dunia yang mempunyai iklim hangat karena terletak tepat di garis katulistiwa. Meski demikian beberapa kota di Indonesia memiliki suhu udara yang dapat meroket di atas normal. Sangking panasnya, tidak sedikit kota yang terlihat gersang dan kering. Berikut 9 daftar Kota di Indonesia yang miliki suhu terpanas :

  1. Sei Rampah (Sumatera Utara)
    Meski kota Sei Rampah masih dipenuhi dengan banyak pepohonan rindang kota kecil ini masuk ke dalam daftar kota yang memiliki suhu terpanas di Indonesia. Bagaimana tidak, suhu paling panas di kota ini bisa mencapai 30 sampai 34 derajat Celsius.
  2. Bima (Nusa Tenggara Barat)
    Terik matahari di Bima terasa saat musim kemarau maupun musim hujan, intensitasnya bisa mencapai 39 derajat Celsius. Dengan Kondisi ini masyarakat Bima memanfaatkan suhu ini untuk bisnis bertani menanam jagung dan tanaman keras lainnya.
  3. Bengkalis (Riau)
    Kota yang berada di bagian timur pulau Sumatera ini memiliki luas 7.793,93 km2 dan merupakan salah satu kota dengan suhu terpanas di Indonesia. Suhu di Kota Belingkas bisa mencapai 37 derajat Celcius dan meningkat saat musim kemarau.
  4. Cirebon (Jawa Barat)
    Saat musim kemarau Kota Cirebon temperaturnya bisa mencapai 34 sampai 38 derajat Celcius. Kota yang terkenal dengan jalur panturanya ini saat kemarau tiba bisa sangat gersang dan kering, angin yang bertiup membawa suhu panas saat siang maupun malam hari.
  5. Surabaya (Jawa Timur)
    Suhu di Kota terbesar kedua di Indonesia ini saat kemarau bisa mencapai angka 34 derajat celsius dan hanya menurun 4 derajat saat musim hujan tiba. Meskipun hujan suhu udara di Surabaya tetap terasa hangat.
  6. Palembang (Sumatera Selatan)
    Kota Palembang merupakan satu diantara kota lainnya yang memiliki suhu terpanas di Indonesia, suhunya mencapai 39 derajat Celsius dan akan terus meningkat saat kemarau menerjang. Bahkan, berada di pesisir pantai atau sumber air tidak membantu menurunkan suhu disana.
  7. Limapuluh (Sumatera Utara)
    Suhu udara di kota Limapuluh mencapai 32 derajat Celsius saat malam hari dan 36 derajat Celcius di siang hari. Kota ini juga memiliki musim kemarau yang lebih panjang dan tak menentu seperti di Kota Medan.
  8. Medan (Sumatera Utara)
    Temperatur kota medan berkisar antara 30-35 derajat celsius di siang dan malam hari. Kota ini dinilai sebagai kota tropis dengan kemarau panjang dan hujan yang tidak menentu.
  9. Bekasi (Jawa Barat)
    Bekasi merupakan kota yang paling panas di Jawa Barat, suhunya mencapai 35-36 derajat celsius saat matahari sedang berada di atas ubun-ubun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini