Indonesia Produk Ijtihad dan Sah Secara Syar’i

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Indonesia merupakan negara pluralis yang sudah memenuhi kaidah negara menurut fikih Islam. Sehingga, sudah sah secara syar’i. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

”Indonesia adalah produk ijtihad para ulama sesudah berjuang dan sudah sah secara syar’i,” kata Mahfud, Minggu, 12 Juni 2022.

Indonesia bukan negara agama. Menurut Mahfud, Indonesia merupakan negara yang berdasarkan pada Ketuhanan yang Maha Esa, di mana semua agama dan pemeluk agama dilindungi untuk beribadah.

“Negara Indonesia menurut fikih Islam sudah memenuhi kaidah negara. Yaitu menjaga dan melindungi beragama. Menjaga keselamatan jiwa warganya, menjaga hak atas harta. Menjaga kemurnian akal, dan menjaga kesucian keturunan,” ujar Mahfud saat mengisi ceramah dan dialog di Masjid Al-Ikhlash di Amsterdam, Sabtu, 11 Juni 2022.

Mahfud mengatakan masyarakat Indonesia di negara asing dan kelompok diasporanya, khususnya di Belanda, harus mempunyai rasa cinta dan tanggung jawab kepada bangsa. Dan menjaga negara Indonesia dengan segala ideologinya.

Mahfud MD menggelar acara pertemuan bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di Amsterdam. Tepatnya di pusat kebudayaan Indonesia (Indonesisch Cultureel Centrum). Di dalamnya terdapat Masjid Al-Ikhlash Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Eropa (PPME) Amsterdam.

Mengutip Imam Al Ghazali, Mahfud mengatakan beragama dan bernegara adalah saudara kembar. Sehingga, keduanya tidak akan terlaksana jika salah satunya tidak benar.

Menurut dia, bahkan Nahdlatul Ulama (NU) menyatakan NKRI adalah darul mitsaq atau negara hasil kesepakatan. Sedangkan Muhammadiyah mengatakan NKRI adalah darul ahdi wa al syahadah atau negara hasil perjanjian dan tempat mengisi dengan pembangunan berdasarkan perbedaan-perbedaan.

Dengan demikian, dia berpandangan negara berdasarkan Pancasila itu sudah sah secara syar’i, sudah sama dengan Piagam Madinah pada zaman Nabi Muhammad.

“Secara fikih bernegara, Indonesia negara yang pluralis karena diciptakan Allah berbeda-beda, dan kalau kita bersatu, insyaallah Indonesia makmur,” ujar dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini