Keajaiban Salat Tahajud, Dikabulkannya Doa dan Tubuh Lebih Sehat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Melaksanakan salat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga  doa akan mudah terkabul.

Tahajud berasal dari kata tahajjada. Yang sama artinya seperti istaiqazha, yang berarti terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur.

Anjuran umat Muslim untuk shalat sunah tahajud sebagaimana telah diwahyukan dalam Firman Allah di surat Al-Isra ayat 79 sebagai berikut.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S 17:79).

Salat tahajud hukumnya memang sunnah. Namun seseorang yang menjalankan salat tahajud akan memperoleh kenikmatan dan keistimewaan dari Allah SWT.

Tidak hanya mendapatkan kenikmatan akhirat, salat tahajud juga memiliki manfaat dalam kehidupan-sehari. Berikut ulasannya,

  1. Membuat tubuh lebih sehat dan mencegah dari perbuatan dosa

Dalam buku “Penakluk Subuh” oleh Muhammad Iqbal, manfaat salat  tahajud dapat membuat tubuh lebih sehat. Dapat mencegah dari perbuatan dosa. Terhapus dari kesalahan.

Seperti sabda Rasulullah SAW.

“Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR. Tirmidzi).

  1. Ketenteraman hati dan pikiran

Manfaat salat tahajud secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Salat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Kedekatan antara Allah SWT dan orang yang salat tahajud niscaya dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan salat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.”  (Al-Furqan 25: 63-64)

  1. Menghapus Dosa

Keajaiban salat tahajud selanjutnya yakni terhapus dosanya. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan diri dari penyakit.” (HR. Tirmidzi).

  1. Terkabul doanya

Keajaiban salat tahajud yang rutin bisa terkabul doa. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Reporter : Alyaa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini