Indonesia dan Tiongkok Jalin Kerja Sama Bidang Teknologi dan Sektor Digital

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengatakan, pemerintah RI menjalin kerja sama dengan Tiongkok dalam bidang riset, pengembangan teknologi, serta peningkatan kompetensi dan kecakapan sumber daya manusia digital. Kerja sama tersebut ditujukan untuk menghadapi tantangan dalam pemanfaatan teknologi baru dan sektor digital.

“Saya harap rangkaian acara hari ini dapat menjadi momentum penguatan kerja sama dalam berbagai sektor. Berbagai kerja sama juga telah dibangun oleh kedua negara dan peluang kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok terbuka lebar,” ujarnya dalam Pertemuan Bilateral dengan Wakil Presiden Eksekutif dan Sekretaris Eksekutif Utama Asosiasi Sains dan Teknologi (CAST) Tiongkok, He Junke, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/11/).

Menkominfo menuturkan, Tiongkok menjadi salah satu mitra dagang terbesar Indonesia. Pada tahun 2022, nilai investasi Tiongkok di Indonesia mencapai USD8,2 Miliar serta total nilai perdagangan sebesar USD133 Miliar.

Oleh karena itu, Menkominfo mendorong kerja sama dalam penerapan kecerdasan buatan (AI), keuangan digital, kesehatan digital, pemerintahan digital, serta teknologi pengembangan smart city.

“Saya mendorong kolaborasi pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat untuk dapat mendukung Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas di Indonesia. “Kami terbuka atas gagasan-gagasan maupun potensi kerja sama ke depan,” tuturnya.

(Humas Kominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Belasan Pohon Tumbang Akibat Hujan Angin di Sleman, BPBD Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Mata Indonesia, Selman - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman melaporkan dampak signifikan akibat hujan deras yang disertai angin kencang pada Sabtu, 1 Maret 2024. Beberapa pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi, menyebabkan gangguan pada akses jalan dan infrastruktur.
- Advertisement -

Baca berita yang ini