Incar 500 Orang, BIN Lakukan Vaksinasi di Gunungkidul

Baca Juga

MATA INDONESIA, GUNUNGKIDUL – Badan IntelIjen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta atau Binda DIY kembali melaksanakan vaksinasi massal di Bangsal Sewoko Projo, Purbosari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini berkolaborasi dengan dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul.

Anggota BIN DIY Eko Susilo mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Apalagi saat ini ada lonjakan kasus baru COVID-19 di beberapa negara tetangga dan ada peningkatan kembali kasus positif di beberapa daerah, termasuk DIY dalam sebulan terakhir.

“Maka kami terus menyisir warga yang belum tervaksin,” ujarnya, Jumat 18 November 2021.

Menurutnya, vaksin masih menjadi satu satunya alat tangkal virus corona ini karena obat belum ditemukan. Oleh karenanya, guna mencegah terjadinya lonjakan kasus baru COVID-19, masyarakat harus dipastikan sudah tervaksin.

Ia juga mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Gunungkidul sampai saat ini masih di urutan ke empat dari lima kabupaten/kota se DIY. Dengan kata lain masih terendah kedua, setelah Kabupaten Kulonprogo.

“Masih rendahnya capaian vaksinasi di Gunungkidul menjadi atensi serius dari BIN. Terlebih di sini banyak destinasi wisata yang menjadi magnet utama dikunjungi wisatawan. Jadi harus dibentengi dulu masyarakatnya dengan vaksin,” katanya.

Saat ini Kapanewon Wonosari dipilih sebagai tempat penuntasan vaksinasi warga yang belum tervaksin. Alasannya, pusat kegiatan Gunungkidul ada di kota Wonosari. Selama ini episentrum mobilitas warga ada di Kapanewon Wonosari. Setelah herd immunity tuntas terbangun di pusatnya, maka selanjutnya akan disisir wilayah mana yang masih rendah capaian dan lambat percepatannya.

Berdasarkan catatan BIN DIY, capaian vaksinasi di Gunungkidul untuk dosis pertama, saat ini masih di angka 81,6 persen atau 485.383 dari total sasaran vaksinasi yang ada (595.145 orang). Masih ada 18,4 persen, atau sekitar 110 ribu orang yang belum tervaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan untuk mengejar percepatan vaksinasi yang tinggal 20 persen lagi, Dinas Kesehatan selalu membuka kesempatan warga untuk melakukan vaksinasi setiap hari Jumat di Kantor Dinas Kesehatan. Dan Jumat ini ada lokasi lain yaitu di Bangsal Sewoko Projo.

“Di bangsal ini kami menargetkan 500 orang,” ujar Dewi.

Pihaknya memang masih mengejar target 100 persen di akhir tahun nanti dengan percepatan. Harapannya akhir tahun nanti capaiannya bisa maksimal sehingga pada liburan akhir tahun nanti herd imunity bisa segera tercapai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini