Hindari Lonjakan Kasus Seperti Eropa, Satgas Covid-19 Tetap Perketat Prokes di Tempat Umum

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 Pusat tidak akan pernah mengendorkan peraturan pengetatan protokol kesehatan (prokes) agar Indonesia tidak sama seperti Eropa.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi, di Jakarta, Rabu 17 November 2021.

“Penerapan 3M dan protokol kesehatan adalah perbedaan kita dengan negara lain. Di negara lain saat terjadi penurunan kasus diikuti dengan pelonggarakan prokes, tapi kita berbeda,” ujar Sonny.

Sonny menegaskan ada sejumlah hal yang dilakukan Satgas Covid-19 untuk mempertahankan rendahnya angka kasus Covid-19 serta terhindar dari potensi terjadinya gelombang ketiga.

Pertama, menurut Sonny, jangan pernah melonggarkan prokes. Di Eropa masyarakatnya boleh melepas masker di tempat umum saat terjadi penurunan kasus.

Kedua, cakupan vaksinasi harus masif dan merata. Di Eropa cakupan vaksinasi tidak merata di seluruh negara.

Ketiga menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan kegiatan di tempat umum seperti mal, pasar dan sebagainya.

Keempat memperketat pengawasan orang dari luar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini