Geser Tjahjo Kumolo, Sahrul Yasin Limpo Bakal Isi Kursi Mendagri

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Nama Syahrul Yasin Limpo (SYL) dirumorkan menggeser posisi Tjahjo Kumolo dalam daftar kabinet kerja Jokowi-Ma’ruf untuk periode 2019-2024. Kabar tersebut beredar usai pria asli Makassar ini dipanggil Presiden Joko Widodo pada Selasa pagi, 22 Oktober 2019.

Meski belum diumumkan tetapi menurut sumber MInews, SYL akan menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menggantikan posisi politikus PDI Perjuangan tersebut.

Buat yang belum kenal SYL secara lengkap, berikut rangkuman profilnya:

Syahrul lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 Maret 1955 dan kini berusia 64 tahun. Ia adalah politikus dari partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 8 April 2008 hingga 8 April 2018.

Anak kedua dari pasangan Muh. Yasin Limpo dengan Nurhayati Yasin Limpo ini, menjadi Gubernur Sulsel yang pertama kali dipilih secara langsung.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode. Kemudian menjabat Wakil Gubernur selama satu periode mendampingi Amin Syam, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan dengan Amin Syam dalam pilkada Sulsel pada tahun 2007 setelah keduanya sama-sama maju bertarung sebagai calon petahana.

Pada pilkada Sulawesi Selatan tahun 2007, Syahrul Yasin Limpo berpasangan dengan Agus Arifin Numang (saat itu menjabat sebagai ketua DPRD Sulsel) yang merupakan salah satu pimpinan DPD Golkar Sulsel. Pasangan ini terkenal dengan tagline “Sayang” (merupakan singkatan dari Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang).

Tahun pertama menjadi Gubernur, Syahrul menargetkan peningkatan posisi Sulawesi Selatan sebagai provinsi penyangga beras untuk kebutuhan nasional.

Target produksi padi pada 2008 sebanyak 4,04 ton gabah kering giling (GKG) yang didukung luas lahan sekitar 792.641 hektare (ha) dengan tingkat produktivitas 51,00 kuintal per ha.

Sementara target tanam padi untuk musim tanam 2009 seluas 868.411 ha dengan sasaran produksi 5.084.323 ton GKG dengan produktivitas 58,55 kuintal/ha.
Alhasil pada tahun 2009, pergerakan ekonomi Sulawesi Selatan mengalami pertumbuhan sekitar 7,8 persen.

Hal ini dipicu dengan pertumbuhan produksi jagung, sehingga Syahrul berniat akan melakukan terobosan di tengah krisis global dengan melayani kebutuhan ekspor ke Malaysia dan Filipina, menyusul pengiriman yang sudah dilakukan sekitar 8 ribu ton ke Filipina, Maret 2009.

Marmer juga menjadi salah satu barang ekspor yang menjadi keunggulan Sulawesi Selatan. Maka Pengusaha Malaysia berminat mengimpor marmer asal Sulsel yang selama ini telah diekspor ke Amerika dan Australia. Sahrul pun menyatakan kesiapannya mengekspor marmer dengan kapasitas ekspor dari Pelabuhan Kabupaten Barru sebanyak 5.000 ton.

Di sisi lain, Sahrul juga pernah digosipkan memiliki video syur pada saat hendak maju dalam pilkada Sulsel 2007, menyusul video panas seorang pria yang mirip dia di medsos. Namun, hal tersebut tak benar adanya.

Tak hanya itu, ia juga pernah menghadapi gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar dan dilaporkan ke KPK pada tahun 2016 oleh puluhan aktivis terkait reklamasi Pantai Losari. Kasus reklamasi ini diprediksi merugikan negara senilai Rp 15 triliun. Hal ini yang diduga menjadi salah satu pemicu baginya untuk menyeberang ke Nasdem.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini