Flurona, Infeksi Kombinasi antara Flu dan Virus Corona yang Baru Diidentifikasi di Israel

Baca Juga

MATA INDONESIA, TEL AVIV – Pemerintah Israel mengonfirmasi kasus pertama seseorang yang terinfeksi flu musiman dan Covid-19 di waktu bersamaan atau yang disebut dengan flurona.

Infeksi kombinasi ini ditemukan pada perempuan hamil yang tidak divaksinasi. Pihak Rumah Sakit Beilinson di Kota Petah Tikva, Israel mengungkapkan bahwa perempuan tersebut memiliki gejala ringan.

Berdasarkan laporan, ini merupakan kasus infeksi kombinasi pertama di dunia. Namun, laporan lain menyebutkan bahwa seorang pasien yang mengalami flu dan Covid-19 di Amerika Serikat (AS) muncul pada awal musim semi 2020.

Israel telah melihat lonjakan kasus flu dalam beberapa pekan terakhir, dengan hampir 2.000 warga dirawat di rumah sakit di tengah kekhawatiran “twindemic” dari kedua penyakit tersebut.

Istilah tersebut mengacu pada kekhawatiran sejumlah besar kasus flu dan kasus Covid-19 dapat membanjiri rumah sakit, karena tidak banyak individu yang akan terinfeksi kedua virus sekaligus.

Musim dingin lalu ketakutan itu tidak terwujud ketika pembatasan Covid-19 sebagian besar membasmi kasus flu. Namun, tahun ini terbukti berbeda.

Pejabat kesehatan mengatakan kemungkinan banyak warga lain telah terinfeksi kedua virus, tetapi belum didiagnosis, situs berita Ynet melaporkan. Meski demikian, seorang dokter di Beilinson mengatakan bahwa kasus flurona yang teridentifikasi relatif ringan.

“Penyakitnya adalah penyakit yang sama. Mereka virus dan menyebabkan kesulitan bernapas karena keduanya menyerang saluran pernapasan bagian atas,” kata Arnon Vizhnitser, direktur departemen ginekologi rumah sakit.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan Israel masih mempelajari kasus flurona untuk melihat apakah kombinasi kedua virus tersebut menyebabkan penyakit yang lebih parah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini