Fix, AS Boikot Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Alasannya Muslim Uighur!

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) memastikan takkan mengirim perwakilan diplomatik ke ajang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Cina. Boikot diplomatik tersebut menyusul pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Negeri Tirai Bambu..

Boikot diplomatik memungkinkan atlet AS untuk bersaing, tetapi itu dipandang sebagai penghinaan dan salah satu kecaman paling umum Presiden Joe Biden terhadap Beijing. Cina mengatakan akan menanggapi boikot semacam itu dengan tindakan balasan yang tegas.

Tekanan telah meningkat selama berbulan-bulan dari anggota Kongres di kedua partai untuk meminta pertanggungjawaban Cina atas pelanggaran terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang dan menindak protes pro-demokrasi di Hong Kong.

Berbagai seruan semacam itu semakin intensif setelah hilangnya bintang tenis Peng Shuai dari kehidupan publik setelah dia menuduh seorang pemimpin penting Partai Komunis Cina melakukan kekerasan seksual.

Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan Gedung Putih tidak akan mengirim delegasi pejabat AS ke pertandingan yang akan digelar pada Februari, di tengah genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Xinjiang.

“Kami tidak akan berkontribusi pada kemeriahan pertandingan ini,” kata Jen Psaki, melansir New York Times, Selasa, 7 Desember 2021.

Sementara Presiden Biden telah mengemukakan kemungkinan untuk tidak mengirim delegasi AS setelah dia mengadakan pertemuan virtual pada bulan lalu dengan pemimpin Cina, Xi Jinping.

Pertemuan virtual saat itu sejatinya dimaksudkan untuk mendinginkan ketegangan yang mendidih antara dua kekuatan terbesar dunia. Tetapi Biden dan Xi muncul dengan sedikit lebih dari janji untuk meningkatkan kerja sama setelah tiga setengah jam pembicaraan, meskipun ada serangkaian ketidaksepakatan

Terakhir kali Amerika Serikat melakukan boikot penuh terhadap Olimpiade adalah tahun 1980, ketika Presiden Jimmy Carter menentang mengizinkan atlet AS untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas di Moskow, Rusia. Keputusannya saat itu adalah untuk memprotes kehadiran militer Uni Soviet di Afghanistan.

Beijing menggunakan ajang Olimpiade di masa lalu untuk menegaskan dirinya di panggung internasional, termasuk tahun 2008, ketika upacara pembukaan berfungsi sebagai cara bagi negara untuk menggembar-gemborkan peremajaan ekonominya.

Perhatian internasional, bagaimanapun, tidak banyak membantu meningkatkan hak asasi manusia di Cina. Biden mengatakan membasmi pelanggaran semacam itu adalah bagian penting dari strategi keamanan nasional yang difokuskan untuk bersaing dengan pengaruh ekonomi Beijing yang meningkat dan diplomasi koersif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini