Demo Tertib, Peringatan Hari Buruh Tetap Tolak Omnibus Law

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aksi dan peringatan hari buruh pada Sabtu 14 Mei 2022 berlangsung tertib dan damai. Peringatan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir bersama 50 ribu buruh lainnya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengatakan aksi berlangsung tertib, damai, tidak anarkis, dan demokratis

”May Day itu waktunya buruh bersuka ria. Bergembira sambil menyampaikan tuntutan. Buruh bisa membuktikan menyuarakan tuntutan tidak ada aksi anarkis dan bakar-bakaran,” ujar Andi Gani, Sabtu, 14 Mei 2022.

Acara dan peringatan bertajuk May Day Fiesta ini oleh Gerakan Buruh Indonesia (GBI) yang merupakan gabungan dari empat konfederasi yaitu KSPSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI),

Andi Gani yang juga Pimpinan Buruh ASEAN (ATUC) ini menuturkan, ada 18 tuntutan dalam aksi May Day Fiesta. Namun, ada tiga yang menjadi prioritas. Pertama, menolak revisi UU Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

”Karena revisi tersebut hanya untuk melegalkan metode Omnibus Law UU Cipta Kerja. Tanpa memperbaiki substansi UU Cipta Kerja yang diminta oleh Mahkamah Konstitusi pada keputusan sebelumnya,” ujarnya.

Kedua, meminta agar Klaster Ketenagakerjaan keluar dari UU Cipta Kerja. Ketiga, menolak revisi UU Nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja Serikat Buruh. “Namun, kami juga mengapresiasi aturan tentang Jaminan Hari Tua (JHT) sudah dirubah dan memihak buruh,” ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional. “Saya selaku Kapolri mewakili seluruh institusi Polri dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun. Untuk seluruh rekan-rekan buruh baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera,” katanya.

Kapolri mengapresiasi kinerja buruh yang menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil. “Berkat kerja sama rekan-rekan semua di masa sulit saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik,” ujarnya.

Menurutnya, data pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di atas lima persen. Pencapaian ini lebih baik dari negara-negara maju lain yang masih terpuruk akibat pandemi. “Ini semua adalah berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan buruh semua,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini