Berhasil Turunkan BOR Rumah Sakit, PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 25 Juli

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menunjukkan hasil sehingga diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Sehari kemudian pemerintah akan melonggarkan pengetatan jika tren kasus terus mengalami penurunan.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Darurat di IStana Negara, Selasa 20 Juli 2021.

“Penerapan PPKM Darurat yang dimulai tanggal 3 Juli 2021, adalah kebijakan yang tidak bisa kita hindari, yang harus diambil pemerintah meskipun sangat berat untuk menurunkan penularan Covid-19, dan mengurangi masyarakat yang membutuhkan pengobatan di rumah sakit sehingga tidak membuat rumah sakit lumpuh,” ujar Jokowi.

Setelah dua minggu melaksanakan PPKM Darurat menurut Presiden angka keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan (BOR) mengalami penurunan secara perlahan.

Jika hingga 25 Juli 2021 tren penurunan terus terjadi maka pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap seperti;

– Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

– Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya ditetapkan oleh pemerintah daerah

– Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

– Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit.

– Sedangkan kegiatan yang lain pada sektor esensial dan kritikal, baik di pemerintahan maupun swasta, serta terkait dengan protokol perjalanan, akan dijelaskan terpisah.

Untuk itu Presiden Jokowi meminta semua pihak bekerjasama dan bahu membahu melaksanakan PPKM Darurat itu dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun.

Dia juga mengingatkan kita harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini