Begini Suasana Jakarta 21 Tahun Lalu, Dilanda Penjarahan dan Mencekam

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini 21 tahun lalu, Jakarta benar-benar mencekam oleh kerusuhan dan penjarahan. Hingga 15 Mei 1998 ibukota seperti kota mati yang dipenuhi penjarahan seperti video yang diunggah akun @videosejarah berikut ini.

Penjarahan terjadi karena Pemerintah Soeharto gagal mengendalikan perekonomian Indonesia. Nilai tukar rupiah terhadap dolar terapresiasi lemah ratusan persen membuat biaya hidup jadi sangat mahal karena semua kebutuhan hidup kita diimpor.

Hal itu diperburuk dengan penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti 12 Mei 1998.

Pada tayangan yang diunggah Video Sejarah itu menggambarkan betapa masyarakat umum dengan leluasa membongkar toko-toko yang tutup lalu menguras isinya untuk dibawa pulang.

Modus penjarahan tersebut pada umumnya diawali dengan sekelompok lelaki kekar yang dikirim dengan truk ke suatu pusat pertokoan.

Mereka lah yang membongkar toko-toko itu dan memberi tahu masyarakat sekitar untuk menjarahnya.

Selain Jakarta, beberapa kota besar seperti Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar dikabarkan juga mengalami kondisi serupa.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini