Awali Kunjungannya di Asia Tenggara, Menlu AS Antony Blinken Tiba di Bandara Soetta Senin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memulai kunjungan pertamanya di Asia Tenggara di Jakarta, Indonesia, pada Senin 13 Desember 2021 ini.

Dia akan akan bertemu Presiden Joko Widodo dan menyampaikan pidato tentang strategi Indo-Pasifik AS pada Selasa.

Menurut laporan Reuters, Blinken akan menyampaikan pidato tentang strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat, besok 14 Desember 2021.

Blinken akan mengejar tujuan Presiden Joe Biden untuk meningkatkan keterlibatan dengan 10 anggota blok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan membahas visi presiden untuk kerangka ekonomi Indo-Pasifik, kata seorang diplomat tinggi AS untuk Asia menjelang perjalanan Blinken.

Amerika Serikat dan sekutu Barat saat ini melawan ketegasan Beijing di Laut Cina Selatan, saluran untuk sepertiga perdagangan global, dan menuduh armada penjaga pantainya yang besar menindas negara-negara termasuk Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia dengan mengganggu energi dan perikanan.

Cina telah mengklaim hampir seluruh laut sebagai miliknya, dan telah menolak tindakan AS sebagai campur tangan kekuatan luar.

Setelah Indonesia, barulah Blinken melengkapi kunjungannya di Asia Tenggara ke Malaysia dan Thailand.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini