Akibat Varian Delta, Pelajar Indonesia ‘Terkunci’ di Negeri Cina

Baca Juga

MATA INDONESIA, NANJING – Liburan akhir semester seharusnya menjadi ajang melepas penat setelah pertempuran panjang, entah menikmati alam, jalan bareng teman, atau kumpul dengan keluarga. Namun, hal itu tidak berlaku bagi mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Cina.

Sedikitnya 30 mahasiswa di Jiangsu Institute of Commerce, Nanjing, Cina dilaporkan terkunci di dalam kampus selama musim libur akhir semester. Pasalnya, sejak Covid-19 varian Delta muncul di provinsi tersebut, pihak kampus memutuskan untuk melakukan penjagaan ketat.

“Sudah hampir sebulan ini kami sangat dibatasi. Sejak varian Delta kami tidak boleh keluar dari area kampus,” ucap salah satu mahasiswa Indonesia, Mahmud Yunus, melansir Antara, Rabu, 11 Agustus 2021.

Pada 20 Juli 2021, untuk yang pertama kalinya varian Delta – yang berasal dari India, muncul di Negeri Tirai Bambu dan sejak saat itu varian ini menyebar secara masif yang membuat pemerintah Cina menerapkan pembatasan ketat.

“Kami baru saja selesai mengerjakan tugas akhir, seharusnya bisa liburan kalau tidak ada kasus Delta,” sambung Yunus yang baru saja menyelesaikan program D3 dan akan melanjutkan ke jenjang S1 di Kota Nanjing.

Meski pihak kampus melakukan penguncian, kantin dan swalayan di area kampus tetap buka, sekalipun kegiatan perkuliahan ditiadakan. Ditambahkan Yunus bahwa mahasiwa yang terkunci di asrama kampus harus menjalani tes PCR dua hari sekali – aturan yang sama dengan warga di seluruh wilayah Nanjing.

“Persediaan kebutuhan sehari-hari tercukupi. Sehingga kami bisa belanja kapan saja. Sampai sekarang kami sudah dites PCR sebanyak enam kali. Tidak tahu sampai kapan tes ini akan berakhir,” sambungnya.

Atase Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi KBRI Beijing, Yaya Sutarya mengatakan pihaknya tidak khawatir akan kondisi para pelajar Indonesia yang berada di Cina.

“Semua sudah divaksin. Kami terus memantau keadaan mereka secara berkala,” kata Yaya Sutarya, menambahkan bahwa saat ini tercatat 1,400 pelajar Indonesia tengah menempuh pendidikan di Negeri Tirai Bambu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini