Akhir Tahun, Indonesia Punya Vaksin Covid19 Buatan Sendiri, Bukan Merah-Putih

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir tahun ini, Indonesia akan menambah lagi vaksin baru untuk mengatasi Covid19 bernama GX-19N yang dikembangkan PT Kalbe Farma Tbk dan Genexine dari Korea Selatan (korsel).

Menurut Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito dalam keterangan persnya, Jumat 9 Juli 2021 menyatakan akan ada transfer teknologi dalam pengembangan vaksin tersebut.

“Sehingga bisa diproduksi di dalam negeri oleh PT Kalbe Farma untuk memenuhi aspek kemandirian dan untuk kebutuhan dan kemudahan akses vaksin jangka panjang di Indonesia,” kata Penny.

Indonesia akan melakukan uji klinis fase dua dan tiga GX-19N. Ketua Tim Peneliti uji klinik vaksin COVID-19 GX-19N Prof.Dr.dr. Iris Rengganis Sp,PD-KAI menjelaskan, vaksin tersebut berpotensi memberikan proteksi terhadap berbagai varian virus COVID-19. Vaksin yang akan diuji terhadap 1000 subjek di Indonesia juga punya kemungkinan bisa punya jangka waktu perlindungan yang lebih lama.

Lokasi pusat penelitian uji klinik berada di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RSCM sebagai rumah sakit rujukan dan beberapa satelit yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi, Yogyakarta, Solo, dan Klaten.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini