50 Persen UMKM Siap Genjot Penjualan Pasca Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sektor UMKM dipastikan siap menggenjot angka penjualannya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Bank sentral telah menggelar survei terkait kesiapan UMKM dalam mendongkrak omset di tengah masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Survei internal kami di Bank Indonesia mencatat bahwa hampir 50 persen UMKM itu telah siap untuk kembali meningkatkan penjualannya,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung dalam sesi webinar, Senin 21 Maret 2022.

Dia menilai, UMKM punya peran sangat penting dalam perekonomian nasional. Terlebih saat ini pelaku usaha di sektor tersebut jadi pemain utama dalam pengadaan lapangan kerja.

Menurut survei milik BI, kini terdapat lebih dari 65 juta UMKM di Tanah Air, dengan angka penyerapan tenaga kerja sekitar 120 juta orang. “Survei kami juga menunjukkan mayoritas UMKM sangat optimis dengan kondisi perekonomian dan usaha mereka ke depan,” katanya.

Juda menambahkan, kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan domestik produk (PDB) Indonesia juga sangat besar, yakni 61 persen atau setara Rp 8.500 triliun.

“Dengan tingkat penyerapan tenaga kerja tinggi, serta pangsa besar terhadap PDB, maka UMKM tentu menjadi kunci dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini